alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bakal Terapkan Sanksi Tilang, Wagub DKI Imbau Warga Segera Uji Emisi Kendaraan

Erick Tanjung Selasa, 02 November 2021 | 16:19 WIB

Bakal Terapkan Sanksi Tilang, Wagub DKI Imbau Warga Segera Uji Emisi Kendaraan
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria [Instagram@arizapatria]

"Bagi kendaraan yang belum uji emisi segera laksakan, kalau tidak akan diberikan sanksi," kata Riza.

SuaraJakarta.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat agar segera melakukan uji emisi kendaraan bermotor khususnya yang berusia di atas tiga tahun karena mulai 13 November 2021 dikenakan sanksi tilang jika tidak dan belum lulus uji emisi.

"Bagi kendaraan yang belum uji emisi segera laksakan, kalau tidak akan diberikan sanksi," kata Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Adapun sanksi tilang tersebut berupa denda bagi pengendara mobil sebesar Rp500 ribu dan motor Rp250 ribu sesuai Pasal 285 dan Pasal 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sanksi tilang akan diberikan oleh Kepolisian melalui razia kendaraan bermotor.

Baca Juga: Lagi Heboh Kasus Mahasiswa Tewas, Anies Dilantik Riza jadi Anggota Kehormatan Menwa

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan. Jakarta masih kekurangan tempat uji emisi kendaraan bermotor, yakni baru sekitar separuh dan kebutuhan ideal.

"Di Jakarta saat ini ada 254 tempat uji emisi kendaraan bermotor. Jumlah itu masih jauh dari kebutuhan idealnya yakni sekitar 500 tempat uji emisi. Jumlah yang ada baru sekitar separuhnya," kata Asep Kuswanto di Jakarta, Selasa (26/10).

Menurut Asep Kuswanto, untuk mencapai target ideal tersebut, akan dilakukan kolaborasi dengan bengkel swasta di Jakarta untuk dapat melakukan pengujian emisi kendaraan bermotor. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait