facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksin Booster untuk Lansia dan Kelompok Rentan di Jakarta Utara Dimulai Besok, Ini Syaratnya

Rizki Nurmansyah Selasa, 11 Januari 2022 | 21:33 WIB

Vaksin Booster untuk Lansia dan Kelompok Rentan di Jakarta Utara Dimulai Besok, Ini Syaratnya
Ilustrasi suntik Vaksin Booster - Vaksin Booster untuk Lansia dan Kelompok Rentan di Jakarta Utara Dimulai Besok.

Belum menyebutkan jenis vaksin yang diberikan sebagai booster untuk wilayah Jakarta Utara.

SuaraJakarta.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegaskan pemerintah akan memberikan vaksin booster gratis bagi seluruh masyarakat. Warga dengan kategori lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan menjadi prioritas utama dalam vaksinasi booster ini.

Terkait hal ini, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, dr Yudi Dimyati mengatakan, pemberian vaksin booster di wilayahnya akan dimulai besok, Rabu (12/1/2022). Sasaran utamanya adalah lansia dan kelompok rentan usia 18 tahun ke atas.

"Besok sudah mulai, tapi buka di faskes-faskes saja biar mudah dijangkau. Dengan sasaran lanjut usia dan masyarakat rentan usia 18+," ujar Yudi kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa (11/1/2022).

Yudi mengatakan, Kementerian Kesehatan sudah menyosialisasikan perihal pelaksanaan vaksinasi booster melalui pertemuan virtual pada Selasa malam.

Baca Juga: Dimulai Besok, Moeldoko Pastikan Ketersediaan Vaksin Booster Cukup Besar

Dalam kesimpulan pertemuan virtual tersebut, syarat warga yang menerima vaksin booster harus sudah menerima dosis kedua/lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

"Dosis booster bagi lansia dapat dimulai di seluruh kabupaten/kota. Sedangkan bagi non-lansia, di kabupaten/kota yang sudah mencapai 70 persen dosis satu total dan 60 persen dosis satu lansia," demikian bunyi kesimpulan yang disampaikan dalam pertemuan virtual tersebut.

Yudi menegaskan, seluruh faskes yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi akan dilibatkan kembali dalam pemberian vaksinasi booster ini.

Namun, Yudi belum menyebutkan jenis vaksin yang diberikan sebagai booster untuk wilayah Jakarta Utara. Ia hanya mengatakan bahwa vaksin diberikan secara gratis.

"Kita usahakan seluruh faskes yang sebelumnya melayani vaksinasi usia 18+ dapat membantu lagi memberikan layanan vaksinasi booster secara gratis," kata Yudi.

Baca Juga: Jadwal Vaksin Booster Bisa Dicek di PeduliLindungi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait