facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satu Siswa Positif COVID-19, PTM di SMAN 4 Gambir Tetap Lanjut

Rizki Nurmansyah Senin, 17 Januari 2022 | 20:54 WIB

Satu Siswa Positif COVID-19, PTM di SMAN 4 Gambir Tetap Lanjut
Ilustrasi - Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di ruang kelas SMAN 71 Duren Sawit, Jakarta Timur, di mana salah satu positif COVID-19, Rabu (12/1/2022). [ANTARA/Yogi Rachman]

Keputusan untuk melanjutkan PTM selain di kelas yang terdapat siswa positif, merupakan kebijakan dari Puskesmas Kecamatan Gambir.

SuaraJakarta.id - Kasus COVID-19 di sekolah kembali ditemukan. Kali ini memapar satu siswa kelas XII SMAN 4 Gambir, Jakarta Pusat.

Meski ada satu siswa positif COVID-19, namun kegiatan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM di SMAN 4 Gambir tetap berjalan.

Kepala SMAN 4 Jakarta, Heriyanto mengatakan, hanya satu kelas yang terdapat siswa yang terkonfirmasi positif tersebut yang dihentikan sementara PTM-nya.

Heriyanto mengungkapkan, pihak sekolah memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk kelas tersebut.

Baca Juga: Menteri Nadiem Sebut SKB 4 Menteri soal PTM Langkah Cegah Ancaman Omicron

"Setelah koordinasi dengan Sudin (Pendidikan), Puskesmas Gambir, diputuskan PTM tetap berjalan. Cuma untuk kelas yang ada anak (positif) itu dihentikan dulu, jadi PJJ," kata Heriyanto saat dikonfirmasi, Senin (17/1/2022).

Heriyanto menjelaskan, keputusan untuk melanjutkan PTM selain di kelas yang terdapat siswa positif, merupakan kebijakan dari Puskesmas Kecamatan Gambir.

Berdasarkan kronologi, siswa tersebut terpapar dari klaster keluarga, yakni sang kakak yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah.

Siswa tersebut merasakan gejala COVID-19 sepulang dari sekolah pada Selasa (11/1/2022). Kemudian, ia memutuskan untuk tidak berangkat ke sekolah keesokan harinya pada Rabu (12/1/2022).

"Hari Selasa dia enggak enak badan sepulang sekolah. Dia putuskan Rabu tidak masuk sampai sekarang, kemudian Jumat (14/1) kemarin kita sekolah baru mengetahui (siswa) positif," kata Heriyanto.

Baca Juga: 19 Kasus COVID-19 Ditemukan di Sekolah, Wagub DKI Ahmad Riza Patria: Belum Ada Omicron

Selain melakukan PJJ, sekolah juga memerintahkan seluruh siswa di kelas yang terpapar itu melakukan tes PCR.

Total sebanyak 50 siswa, guru dan karyawan dilakukan tes usap oleh Puskesmas Kecamatan Gambir.

Pihak sekolah juga memaklumi jika ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk PTM.

"Kami pribadi inginnya (sekolah) ditutup dulu, tapi arahan Puskesmas seperti apa ya sekolah menjalankan. Kalau ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya (PTM), ya tidak apa-apa," kata dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait