facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Pertimbangan Pemprov DKI Jakarta Tidak Tunda PTM 100 Persen

Rizki Nurmansyah Rabu, 19 Januari 2022 | 07:35 WIB

Ini Pertimbangan Pemprov DKI Jakarta Tidak Tunda PTM 100 Persen
Sejumlah murid SDN Pondok Labu 01 Jakarta mengikuti Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen, Senin (3/1/2022). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kebijakan ini berbeda dengan daerah penyangga, di mana menunda PTM 100 persen.

SuaraJakarta.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta memiliki pertimbangan tersendiri tidak menunda kegiatan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 100 persen.

Kebijakan ini berbeda dengan daerah penyangga, di mana menunda PTM 100 persen.

Riza mengatakan ,meski kasus COVID-19 di Jakarta kekinian terus naik, pihaknya meyakini semuanya dalam kendali dan pengawasan yang baik.

"DKI memiliki kebijakan dan pertimbagan berbeda dengan daerah penyangga di Bogor, Depok, dan Bekasi," kata Wagub DKI di Balai Kota Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Omicron Mulai Merebak di Indonesia, Ahli Epidemiologi Minta PTM Dihentikan hingga Awal Maret

Menurut Riza, para siswa di DKI Jakarta sudah dua tahun tidak sekolah, jangan sampai kualitas para siswa yang menjadi sumber daya manusia bangsa, menurun karena dua tahun belajar di rumah.

Riza menjelaskan, meskipun Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan sebelum PTM 100 persen terlaksana dengan baik. Namun, kualitasnya tetap berbeda dengan PTM secara langsung di sekolah.

Riza menilai, banyak pelajaran yang memerlukan diskusi dan praktik langsung di sekolah. Sehingga siswa dapat memahami lebih baik dibandingkan belajar secara online.

"Sebaik apapun anak kami maupun gurunya, tapi belajar jarak jauh itu berbeda dengan belajar langsung di sekolah. Banyak pelajaran yang tidak bisa dipahami secara baik jika belajar secara online saja. Perlu ada diskusi di sekolah, perlu praktik, dan sebagainya," katanya.

Riza menyebut, para siswa dan orangtua juga menyambut baik PTM 100 persen terbatas. Tapi dia menekankan agar tetap ada protokol kesehatan yang dijaga demi menghindari COVID-19.

Baca Juga: Jaga Jarak Sulit Diterapkan Saat PTM Sekolah, KPAI Khawatir Omicron

Sementara itu, di daerah penyangga ibu kota yakni Bogor, Depok, dan Bekasi, sudah menyatakan menunda PTM 100 persen guna mengantisipasi penularan COVID-19 di sekolah, sejak pekan lalu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait