facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Penularan PMK, Sudin KPKP Jaktim Periksa 2.069 Hewan Ternak

Rizki Nurmansyah Jum'at, 13 Mei 2022 | 15:51 WIB

Cegah Penularan PMK, Sudin KPKP Jaktim Periksa 2.069 Hewan Ternak
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan sapi di salah satu lokasi peternakan di Jakarta, Kamis (12/5/2022). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

Kondisi seluruh hewan ternak dalam keadaan sehat.

SuaraJakarta.id - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur (KPKP Jaktim) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sebanyak 2.069 hewan ternak untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Plt Kepala Sudin KPKP Jakarta Timur, Ali Nurdin mengatakan, pemeriksaan hewan ternak itu sudah dimulai sejak 9 Mei kemarin melibatkan 65 peternak yang tersebar di 10 kecamatan Jakarta Timur.

"Dari total 2.069 ekor hewan ternak yang diperiksa ini rinciannya adalah, sapi 680 ekor, kerbau tiga ekor, kambing 896 ekor, dan domba 490 ekor," kata Ali Nurdin, Jumat (13/5/2022).

Ali menambahkan sejauh ini dari hasil pemeriksaan sementara tidak menemukan gejala klinis yang mengarah pada PMK. Bahkan bisa dikatakan kondisi seluruh hewan ternak dalam keadaan sehat.

Baca Juga: Tak Terpengaruh Wabah PMK, Harga Daging Sapi di Pasar Kramat Jati Turun, Ini Penyebabnya

Ali mengatakan pemeriksaan kesehatan hewan ternak meliputi pengecekan air liur, mulut, gigi, lidah, detak jantung, dan kuku.

Pemeriksaan itu akan terus dilakukan terlebih menjelang Hari Raya Idul Adha banyak hewan kurban masuk ke Jakarta dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih lanjut, Ali mengatakan seluruh hewan ternak yang diperiksanya itu masuk ke Jakarta dalam kurun waktu dua bulan terakhir dari sejumlah daerah.

"Hewan tersebut berasal dari sejumlah daerah, seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, Blitar, Kediri, Jonggol, Boyolali, Bumiayu, Sukabumi, Purwakarta dan sejumlah daerah lainnya," ujar Ali. [Antara]

Baca Juga: Kala Hepatitis Akut Mengintai di Tengah Bahaya Covid-19 yang Belum Usai

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait