facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nama JIS Diusulkan Diganti Stadion MH Thamrin, Wagub DKI: Kami Tampung Dulu dan Diskusikan

Chandra Iswinarno Kamis, 02 Juni 2022 | 14:26 WIB

Nama JIS Diusulkan Diganti Stadion MH Thamrin, Wagub DKI: Kami Tampung Dulu dan Diskusikan
Jakarta International Stadium (JIS). [instagram/@jakarta_stadium)

Wacana penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) yang diusulkan menjadi Stadion MH Thamrin direspons Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

SuaraJakarta.id - Wacana penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) yang diusulkan menjadi Stadion MH Thamrin direspons Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan siap menampung usulan dari masyarakat tersebut.

"Semua usulan akan kami tampung dulu dan kami diskusikan, memang banyak usulan dari masyarakat, kami akan bahas," katanya Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Gedung DPRD DKI Jakarta pada Kamis (2/6/2022).

Dia menjelaskan, jika usulan dari masyarakat tersebut perlu dibahas terlebih dahulu sebelum disetujui. Meski begitu, ia juga siap menampung usulan lain jika ada pendapat lain mengenai nama stadion kebanggaan warga Jakarta tersebut.

Baca Juga: Pemprov DKI Pertimbangkan Ganti Nama Jakarta International Stadium, Warga Boleh Kasih Masukan

"Yang usulkan bukan cuman satu, ada banyak yang mengusulkan, silakan masyarakat punya usulan lain, nanti kami akan pertimbangkan," katanya.

Sementara itu, untuk menambahkan nama yang saat ini juga melalui proses yang panjang.

"Untuk mengganti nama lain, tentu itu akan menjadi perhatian kami bersama. Prinsipnya nanti akan diputuskan yang terbaik, apapun untuk proses yang lebih baik baik," katanya.

Usulan untuk mengganti nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin muncul dalam petisi daring change.org yang diinisiasi sejarawan JJ Rizal. Ia mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengganti nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin yang dinilai lebih cocok.

Penamaan JIS, menurutnya, dianggap melanggar UU Nomor 24/2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan karena menggunakan Bahasa Inggris.

Baca Juga: Minta Anies Ganti Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin, Sejarawan JJ Rizal Galang Petisi Online

Selain itu, nama tersebut dianggap tak dapat memacu semangat untuk memajukan persepakbolaan nasional karena tidak menggunakan nama tokoh sejarah yang inspiratif.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait