facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kurangi Emisi Karbon, Pemprov DKI Lakukan Pemadaman Listrik Serentak di Akhir Pekan

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Kamis, 30 Juni 2022 | 16:29 WIB

Kurangi Emisi Karbon, Pemprov DKI Lakukan Pemadaman Listrik Serentak di Akhir Pekan
Ilustrasi pemadaman listrik di salah satu rumah warga. [Antara]

Terhitung mulai pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB pada seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, demikian bunyi surat DLH DKI.

SuaraJakarta.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan pemadaman listrik secara serentak di semua gedung pemerintah DKI akhir pekan ini. Hal itu dilakukan dengan tujuan mengurangi emisi karbon di ibu kota.

Pelaksanaan pemamadaman listrik ini dilakukan melalui Dinas Lingkungan Hidup/DLH DKI Jakarta. Kegiatan ini sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2021.

Dalam surat dari Dinas LH, dikatakan pemadaman listrik akan dilakukan selama satu jam atau 60 menit pada Sabtu, 2 Juli 2022.

“Terhitung mulai pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB pada seluruh bangunan/gedung Kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” demikian bunyi surat dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga: Sudah Disegel, Pemprov DKI Bakal Tetap Tarik Pajak Holywings Bulan Ini

Selain gedung pemerintah, pemadaman listrik juga akan dilaksanakan pada tujuh simbol kota Jakarta, di antaranya adalah Monumen Nasional dan air mancurnya, Patung Arjuna Wiwaha dan Air mancurnya.

Lalu, Bundaran Hotel lndonesia dan Air mancurnya, Patung Pemuda dan Air mancurnya, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

“Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel dan apartemen telah berpartisipasi dalam pelaksanaan pemadaman lampu tersebut,” ujarnya.

Kegiatan pemadaman listrik ini bukan pertama kali dilakukan. Pemprov DKI Jakarta juga sempat melakukan pemadaman listrik pada 27 Maret 2021, 24 April dan 5 Juni.

Karena kegiatan ini, terjadi penghematan konsumsi listrik sebesar 539,21 MW, serta penghematan materiil Rp707.300.000, dan penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 371,2 Ton C02.

Baca Juga: Pemprov DKI Janjikan Solusi Nasib 3.000 Karyawan Holywings yang Nganggur

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait