facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemprov DKI Percepat Pembangunan Empat Waduk Untuk Atasi Banjir

Erick Tanjung Rabu, 06 Juli 2022 | 19:32 WIB

Pemprov DKI Percepat Pembangunan Empat Waduk Untuk Atasi Banjir
Petugas menggunakan alat berat saat mengerjakan sodetan dari kali Sunter ke Waduk Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Kamis (5/3/2020). Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membuat sodetan saluran air penghubung kali Sunter menuju waduk Pondok Ranggon 1 dan 2 untuk mengatasi banjir di wilayah Halim, Cipinang Melayu, dan Pulo Gadung. [Antara/Asprilla Dwi Adha/foc]

"Kami ada rencana pada bulan Agustus launching pembangunan waduk atau embung, tepatnya pada 17 Agustus," ungkap Maman.

SuaraJakarta.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempercepat pembangunan empat waduk, yakni Waduk Brigif, Lebak Bulus, Pondok Ranggon, dan Wirajas, guna mengatasi banjir.

"Kami ada rencana pada bulan Agustus launching pembangunan waduk atau embung, tepatnya pada 17 Agustus," ungkap Kepala Seksi Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas SDA DKI Jakarta, Maman Supratman di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Dia mengatakan bahwa sejumlah daerah yang sering banjir, dengan adanya waduk ini teratasi dengan baik dan mencegah banjir yang hampir melanda setiap tahunnya.

Jika mengikuti perjanjian kontrak, pembangunan empat waduk ini akan rampung pada Oktober mendatang. Namun, Pemprov DKI Jakarta akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempercepat pembangunan ini.

Baca Juga: Tebet Eco Park Akan Dibuka Lagi, Pemprov DKI Klaim Masalah PKL dan Parkir Liar Sudah Teratasi

Dia mencontohkan Waduk Brigif yang memiliki luas 10 hektare, akan dapat menampung sekitar 377 ribu kubikasi dan setidaknya bisa mereduksi banjir hingga 20 persen untuk wilayah tersebut.

"Kami sedang kejar target pembangunannya itu bertujuan untuk mengurangi debit dari air kali kerukut, sunter dan kami harapkan dapat maksimal dalam waktu menghadapi musim hujan," tutur Maman.

Dalam hal ini, empat waduk tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh warga untuk berolahraga dan juga sebagai ruang publik juga. Jadi, tidak hanya waduk semata, nantinya ini akan multifungsi. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait