Antisipasi Kebakaran di Pemukiman Padat, Wagub DKI: Rusun Bisa Menjadi Solusi

"Ini bagian dari solusi mengurangi potensi kebakaran karena kepadatan penduduk yang berkumpul di hunian padat," kata Riza.

Erick Tanjung
Jum'at, 19 Agustus 2022 | 05:35 WIB
Antisipasi Kebakaran di Pemukiman Padat, Wagub DKI: Rusun Bisa Menjadi Solusi
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Suara.com/Yose Arga)

SuaraJakarta.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rumah susun atau rusun bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi kebakaran di permukiman padat seperti peristiwa rumah indekos di Tambora, Jakarta Barat yang mengakibatkan enam orang penghuni tewas.

Menurut Riza, permukiman padat penduduk menjadi salah satu sebab kebakaran sering terjadi termasuk di Jakarta, sehingga pembangunan rusun dapat menjadi solusi guna mengurai kepadatan penduduk.

"Di Jakarta ini masih banyak rumah-rumah padat, salah satu solusinya adalah dibangun rumah susun. Ini bagian dari solusi mengurangi potensi kebakaran karena kepadatan penduduk yang berkumpul di hunian padat," kata Riza di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Terkait kebakaran itu sendiri, Riza menyebut bahwa pihaknya bersama dengan pihak kepolisian tengah melakukan penyelidikan atas kebakaran tersebut.

"Kebakaran kemarin itu menjadi perhatian kita semua, Dinas Gulkarmat, begitu juga kepolisian terus melakukan pengecekan, penyelidikan apa yang menjadi penyebab dan sedang ditangani. Korban juga kami tangani dan kami berikan bantuan," ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda bangunan indekos di Jalan Duri Selatan 1, RT 06/02, Nomor 10, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat pada Rabu (17/8). Dalam kebakaran ini sebanyak enam penghuni indekos tewas.

Kapolsek Tambora, Kompol Rosana Albertina Labobar, mengatakan kebakaran indekos di kelurahan Duri Selatan yang terjadi kemarin disebabkan oleh kipas angin.

"Karena penghuni kamar tersebut sudah kita periksa dan yang bersangkutan meninggalkan indekos itu jam 5 pagi. Kemudian dia lupa mencabut kipas angin, jadi kipas anginnya dalam keadaan nyala," kata Rosana saat ditemui di lokasi kebakaran, Kamis.

Karena sambungan listrik masih tertancap ke stop kontak, terjadilah korsleting yang menimbulkan percikan api di lantai dua. (Antara)

News

Terkini

Riza mengatakan, dirinya keluar dan menemui massa untuk mendengar apa yang menjadi tuntutan dalam aksi massa KRMP ini.

News | 20:07 WIB

"Selama lima tahun ini kami tidak pernah melakukan penggusuran," ucap Riza.

News | 19:56 WIB

Juga pernah beraksi merampok toko emas di kawasan Tangerang Raya lainnya.

News | 19:51 WIB

Putri keluar Gedung Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sekitar pukul 17.25 WIB, dengan mengenakan baju tahanan.

News | 19:13 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria keluar menemui massa. Hanya saja, ia berdiri di balik gerbang Balai Kota.

News | 18:23 WIB

Anies juga didesak untuk keluar menemui massa. Jika Anies tak kunjung keluar, maka massa tak segan bertahan hingga menginap di lokasi aksi.

News | 17:31 WIB

Ia juga mengatakan secara fisik kondisi Putri Candrawathi dalam keadaan baik.

News | 17:07 WIB

Sigit berharap langkah penahanan yang dilakukan penyidik dapat menjawab pertanyaan publik yang selama ini menanyakan posisi Putri Candrawathi yang tidak kunjung ditahan.

News | 16:54 WIB

Kejadian pencurian kotak amal di Mushola Roudhatul Jannah kerap terjadi.

News | 16:29 WIB

Kapolri juga mengumumkan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawatahi ditahan di Rutan Mabes Polri.

News | 16:04 WIB

"Status FS secara resmi sudah tidak menjadi anggota Polri."

News | 15:32 WIB

Dijelaskan penyerangan gangster itu terjadi pukul 02.35 WIB.

News | 15:30 WIB

"Anies justru melanggengkan praktik penggusuran paksa di DKI Jakarta dengan tidak mencabut Peraturan tersebut."

News | 15:25 WIB

Syarifah menyebut penangkapan bermula saat pihak kepolisian mendapat informasi dari warga.

News | 15:22 WIB
Tampilkan lebih banyak