alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Positif Corona, Wagub DKI Tertular Dari Stafnya

Erick Tanjung | Stephanus Aranditio Minggu, 29 November 2020 | 19:12 WIB

Positif Corona, Wagub DKI Tertular Dari Stafnya
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif corona. [Ist]

Dari hasil kontak tracing, Riza mengaku tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga staf tersebut.

SuaraJakarta.id - Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sempat menghadiri acara maulid nabi Muhammad SAW yang dipimpin Habib Rizieq Shihab di Tebet, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Namun Riza membantah tertular dari kerumunan acara yang dihadiri oleh pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut.  

Dari hasil kontak tracing, Riza mengaku tertular dari staf pribadinya yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga staf tersebut.

"Jadi temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, dimana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun,” kata Riza dalam keterangannya, Minggu (29/11/2020).

Hasil itu terkonfirmasi setelah Riza melakukan swab test PCR sebanyak dua kali pada Kamis (26/11/2020) dengan hasil negatif, dan lalu dilanjutkan tes yang sama pada Jumat (27/11/2020) baru terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria Positif Corona

Kini Riza tengah menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan oleh petugas dinas kesehatan DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat (27/11) kemarin menunjukkan positif Covid-19, namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap. Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level puskesmas hingga rumah sakit,” ujarnya.

Wagub Riza berharap dengan adanya kasus konfirmasi positif Covid-19 ini, warga Jakarta untuk semakin meningkatkan disiplin protokol kesehatan, yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.

Sebelumnya, Riza mengklaim kerumunan di Tebet sudah memenuhi protokol kesehatan sehingga meminimalisir resiko tertular Covid-19.

"Saya sebelumnya juga sudah berkali kali hadir dalam berbagai kegiatan Maulid. Sejauh yang saya hadiri selama ini semuanya memenuhi protokol Covid dan kesehatan," kata Riza di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020).

Baca Juga: Sambangi Rumah Rizieq, Polisi Serahkan Langsung Surat Pemanggilan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait