facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Raffi Ahmad Minta Maaf Party Usai Divaksin, Azis: Bagus Sadari Kesalahan

Rizki Nurmansyah | Novian Ardiansyah Jum'at, 15 Januari 2021 | 14:14 WIB

Raffi Ahmad Minta Maaf Party Usai Divaksin, Azis: Bagus Sadari Kesalahan
Aktor dan juga presenter Raffi Ahmad. [Suara.com]

Raffi Ahmad party beberapa jam setelah menerima vaksin Sinovac kloter pertama.

SuaraJakarta.id - Tindakan Raffi Ahmad party usai divaksin Covid-19 mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin.

Azis menyebut tindakan Raffi Ahmad party usai melakukan vaksinasi Covid-19 bersama Presiden Joko Widodo, merupakan tindakan yang tak patut dicontoh.

Padahal seharusnya, kata Azis, meski sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 Sinovac, Raffi Ahmad tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

"Ini contoh yang tidak patut ditiru pasca mendapatkan vaksinasi Covid-19," tutur Azis kepada wartawan, Jumat (15/1/2021).

Baca Juga: Buntut Pesta Usai Divaksin, Ini Alasan Raffi Ahmad Digugat ke PN Depok

"Sekaligus, saya ingatkan, bahwa yang berhasil divaksinasi tahap awal mendapatkan kesempatan mulia atas hak jutaan masyarakat. Tolong jaga amanah tersebut dalam mensukseskan program vaksinasi Covid-19 nasional ini sesuai dengan cara yang tepat, protokol kesehatan merupakan salah satu unsur terpenting," tambahnya.

Meski menyayangkan, Azis sekaligus mengapresiasi langkah Raffi Ahmad yang langsung membuat klarifikasi dan permohonan maaf atas kesalahan yang diperbuat.

Ia berharap kesalanan itu bisa menjadi pelajaran bagi Raffi maupun masyarakat lain agar tidak melakukan kesalahan serupa.

"Bagus kalau sudah menyadari kesalahan. Semoga masyarakat juga dapat memaafkannya. Selanjutnya, ini menjadi pelajaran akan pentingnya tetap menjalankan protokol kesehatan sekalipun sudah divaksinasi Covid-19. Hal ini perlu digarisbawahi," ujar Azis.

Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Azis Syamsudin  [suara.com/Oke Atmaja]
Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar Azis Syamsudin [suara.com/Oke Atmaja]

Tuai Sorotan

Baca Juga: Pimpinan DPR: Tindakan Raffi Ahmad Tak Terpuji, Tak Perlu Dicontoh!

Sebelumnya, anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani Aher ikut menyoroti tindakan Raffi Ahmad party tanpa masker usai disuntik vaksin perdana pada Rabu (13/1/2021).

Sorotan itu ia ungkapkan langsung kepada Menteri Kesehatan Budi Gunasi Sadikin saat rapat kerja di Komisi IX DPR.

Netty mengatakan tindakan Raffi Ahmad yang ia sebut sebagai influencer itu mencontohkan hal tidak baik.

Karena dianggap berkumpul dengan mengabaikan protokol kesehatan.

"Pak menteri, pak wamen ada salah satu influencer yang diundang untuk vaksin malamnya berpesta tanpa masker dslan sebagainya. Nah ini kan sebetulnya contoh-contoh yang nggak baik begitu," kata Netty, Kamis (14/1/2021).

Netty juga mempertanyakan respons pemerintah melalui juru bicara di Kementerian Kesehatan.

Ia lantas membandingkan jika hal serupa hustru terjadi kepada rakyat.

"Dan yang menarik salah satu orang yang ditunjuk sebagai jubir mengatakan biarlah netizen yang menegur, kok seperti itu? Giliran rakyat ditakuti-takuti, giliran rakyat dikejar-kejar," kata Netty.

Karena itu, menurut Netty kebijakan penerapan protokol kesehatan seharusnya dapat lebih dahulu dijalankan oleh pemerintah maupun influencer yang dipercayainya, sebelum kebijakan itu diterapkan kepada rakyat.

"Nah menurut saya sekarang ini harus ada timbal balik begitu ya. Jadi kalau masyarakat diminta disiplin ya berarti disiplin itu harus dimulai dari pejabat publik dan orang-orang yang dianggap menjadi influencer dan sudah digadang-gadang oleh pemerintah," kata Netty.

Trending Twitter

Sebelumnya, Raffi Ahmad kembali menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan namanya trending di media sosial Twitter.

Namanya menjadi sorotan setelah kepergok nongkrong di kafe tanpa menggunakan masker dan juga menjaga jarak.

Padahal, sebelumnya, suami Nagita Slavina ini merupakan salah satu orang yang mendapat vaksin gelombang pertama setelah Presiden Joko Widodo di Istana, Rabu (13/1/2021).

Situasi itu yang kemudian membuat Raffi Ahmad mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi juga turut menganggapi hal itu.

"Seharusnya walau sudah divaksin tetap menjalankan prokes yaa tidak boleh kendor atau lalai melakukan 3M, apalagi setelah dilakukan vaksinasi diperlukan waktu untuk tubuh membuat antibodi ya," ujar Nadia kepada Suara.com, Kamis, (14/1/2021).

"Jadi mari sama-sama kita ingatkan ya. Aku rasa teguran sosial yang juga dari para netizen yang paham akan lebih mengingatkan siapaun untuk tetap patuh prokes. ini kan perjuangan bersama ya."

Nadia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan edukasi persuasif alih-alih melakukan terguran langsung pada Raffi Ahmad.

"(Kita) edukasi persuasif ya," ujar Nadia.

Raffi Ahmad tepergok keluyuran usai divaksin (Instagram)
Raffi Ahmad tepergok keluyuran usai divaksin (Instagram)

Raffi Ahmad Pesta

Raffi Ahmad party beberapa jam setelah menerima vaksin Sinovac kloter pertama.

Hal itu diketahui dari tangkapan layar IG Stories Anya Geraldine yang dibagikan warganet.

Raffi Ahmad pesta bersama Gading Marten, Sean, Nagita Slavina dan Anya Geraldine. Tampak mereka terlihat tidak memakai masker saat berfoto bersama. Kekinian postingan itu sudah dihapus.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait