facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kesaksikan Nakes Tangsel Disuntik Vaksin Covid-19: Gak Sakit Kok!

Rizki Nurmansyah Jum'at, 15 Januari 2021 | 14:43 WIB

Kesaksikan Nakes Tangsel Disuntik Vaksin Covid-19: Gak Sakit Kok!
Septiana, salah satu bidan di RSUD Tangsel disuntik vaksin Covid-19 Sinovac, Jumat (15/1/2021). [Suara.com/Wivy]

Pemkot Tangsel memulai vaksinasi Covid-19 tahap pertama di lima titik fasilitas kesehatan (faskes).

SuaraJakarta.id - Sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang Selatan (Tangsel) menjalani penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac, Jumat (15/1/2021).

Salah satunya drg. Yohana Alfa Agustina. Dia mengaku merasa baik-baik saja usai disuntik vaksin Sinovac.

"Waktu penyuntikan aman, setelah 30 menit observasi nyaman aja. Mudah-mudahan ke depannya juga tetap aman," kata dia usai vaksinasi di RSUD Tangsel, Jumat (15/1/2021).

Yohana mengaku, sebelum disuntik vaksin, dirinya sempat merasa takut lantaran khawatir terhadap efek samping dari vaksin baru itu.

Baca Juga: Raffi Ahmad Minta Maaf Party Usai Divaksin, Azis: Bagus Sadari Kesalahan

"Kalau takut pasti ya, karena kan disuntik khawatir ada efek samping segala macam. Tapi kalau membaca hasil riset alamiahnya diupayakan aman dan sudah melewati beberapa pengujian. Saya yakin aja sih," ungkap dokter berusia 46 tahun itu.

Menurutnya untuk meminimalisir efek samping dari vaksin Sinovac, para nakes yang akan divaksinasi harus jujur soal kondisi tubuhnya.

"Iya harus jujur. Kalau punya penyakit seperti alergi makanan atau alergi obat, ya kita harus ngomong ke petugasnya. Menyesuaikan kondisi tubuh kita, siap atau tidak. Kalau siap lakukan," pungkasnya.

Senada diungkapkan oleh Septiana. Bidan di RSUD Tangsel itu juga mengaku sempat merasa khawatir saat akan disuntik vaksin Covid-19.

"Khawatir sih iya, cuman kan cari-cari informasi dari dokter-dokter lain dan lulus uji klinis di atas 50 persen ya Insya Allah aja. Takut iya, tapi dari MUI sudah halal, BPOM juga bilang ini bagus, ya sudah," ungkapnya.

Baca Juga: Dua Nakes di Solo Alami Pusing dan Pegal Setelah Divaksin, Ini Penyebabnya

Septi mengaku, sempat merasa sakit sedikit saat disuntik vaksin dari China itu.

"Rasa divaksinnya sama seperti divaksin biasa sih, vaksin BT atau vaksin hepatitis. Sakit sedikit setelah disuntik ya pasti, tapi enggak ada keluhan untuk saat ini ya," terangnya.

Hal berbeda dirasakan nakes lainnya, Rani Tacawa Siahaan. Ia mengaku tak merasakan sakit atau pun keluhan usai disuntik vaksin Sinovac.

"Enggak berasa apa-apa, enggak sakit kok. Deg-degan sih, khawatir disuntik kan sakit, tapi ternyata enggak berasa apa-apa," tutupnya.

Diketahui, Pemkot Tangsel memulai vaksinasi Covid-19 tahap pertama di lima titik fasilitas kesehatan (faskes).

Antara lain di RSUD Tangsel, Puskesmas Jurang Mangu, Setu, Kampung Sawah, dan Jombang.

Kontributor : Wivy Hikmatullah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait