facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jakarta Banjir Hari Ini, 13 Wilayah Kebanjiran Sampai 1,5 Meter

Pebriansyah Ariefana | Fakhri Fuadi Muflih Jum'at, 05 Februari 2021 | 12:57 WIB

Jakarta Banjir Hari Ini, 13 Wilayah Kebanjiran Sampai 1,5 Meter
Jakarta banjir. (Antara)

Lokasinya tersebar di 5 Kelurahan yang ada di ibu kota. Ketinggiannya juga beragam, mulai dari 31 hingga 150 sentimeter.

SuaraJakarta.id - Jakarta banjir hari ini, Jumat (5/2/2021). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mengumumkan peringatan dini waspada banjir. Sekarang ini, ada belasan pemukiman warga yang terendam air.

Hal ini diketahui melalui aplikasi penyedia informasi seputar Jakarta, Jakarta Kini (JAKI). Perangkat lunak itu menyebutkan ada 13 RW di Jakarta yang kebanjiran hingga Jumat (5/2/2021) pukul 11.30 WIB.

Lokasinya tersebar di 5 Kelurahan yang ada di ibu kota. Ketinggiannya juga beragam, mulai dari 31 hingga 150 sentimeter.

Sebelummnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan kenaikan tinggi muka air (TMA) di pintu air Angke Hulu menjadi 270 sentimeter. Karenaa itu, pintu air ini sampai pukul 10.00 WIB berstatus siaga 2.

Baca Juga: Warga Bantaran Kali di Jakarta Diminta Waspada Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta lantas mengeluarkan peringatan dini bencana banjir atau disaster early warning system (DEWS) kepada warga bantaran kali.

Hal ini diketahui melalui unggahan dari akun twitter milik BPBD DKI, @BPBDJakarta. Akun itu mengunggah video berisikan petugas yang sedang mengumumkan bahaya banjir melalui pengeras suara.

"Diimbau kepada warga bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," ujar petugas itu, Jumat (5/2/2021).

Tak hanya itu, terdapat tiga pintu air yang sekarang ini berstatus siaga III. Di antaranya adalah Pasar Ikan dengan TMA 196 sentimeter, Marina 193 sentimeter, dan Sunter Hulu sentimeter.

Sejak Kamis (5/2/2021) malam hingga Jumat dini hari memang Jakarta diguyur hujan deras. Bahkan bendung Katulampa sempat berstatus siaga 3.

Baca Juga: BPBD Jakarta Keluarkan Peringatan Warga di Bantaran Sungai Siaga Banjir

Selain itu, BPBD juga menginformasikan prakiraan cuaca hari ini. Diperkirakan akan turun hujan lebat pada siang dan dini hari di beberapa wilayah Jakarta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait