alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Agar Doa Dikabulkan Allah

Pebriansyah Ariefana Kamis, 25 Februari 2021 | 06:05 WIB

Cara Agar Doa Dikabulkan Allah
Ilustrasi berdoa (Unsplash)

Doa menjadi tanda dekatnya seorang hamba kepada Allah SWT. Bahkan, Allah Ta'ala telah menyuruh sekalian manusia untuk meminta hanya kepada-Nya.

SuaraJakarta.id - Cara agar doa dikabulkan Allah berdasarkan riwayat Nabi Muhammad SAW. Doa menjadi tanda dekatnya seorang hamba kepada Allah SWT.

Bahkan, Allah Ta'ala telah menyuruh sekalian manusia untuk meminta hanya kepada-Nya.

Dalam surah al-Baqarah ayat 186 disebutkan, yang artinya, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran."

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, doa adalah senjata bagi orang beriman, tiang agama, dan sinar langit dan bumi." Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, doa merupakan obat yang paling banyak manfaatnya. Doa dapat menangkal bala dan cobaan serta mencegah dan menghilangkan musibah.

Baca Juga: Memandikan Jenazah dalam Islam: Tata Cara, Doa dan yang Berhak Memandikan

Hanya saja, akal dan kemampuan manusia amat terbatas. Di sinilah pentingnya untuk selalu bersangka baik kepada Allah SWT.

Sebab, bisa jadi doa yang kita panjatkan dibalas sesuai kadar diri kita.

Apakah itu balasannya bersifat segera atau tidak.

Bukankah Allah Yang lebih memahami, apa-apa yang terbaik bagi hamba-Nya? Segala yang telah Allah karuniakan, itulah yang terbaik.

Justru, kita mesti introspeksi diri terlebih dahulu. Apakah doa yang kita panjatkan sudah diiringi dengan perbuatan-perbuatan yang sesuai? Nabi SAW menjelaskan hal ini dalam sabdanya.

Baca Juga: Doa Tahajud dan Tata Cara Mengerjakan Salatnya

"Tidaklah seorang Muslim memanjatkan doa kepada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahim, melainkan Allah akan berikan kepadanya tiga hal. Allah akan segera mengabulkan doanya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal."

Baca Juga

12:53 WIB
Apa Itu Isra Miraj?

Apa Itu Isra Miraj?

Apa itu Isra Miraj? Mengapa malaikat Jibril tiba-tiba mengajak Nabi Muhammad melakukan perjalanan di malam hari? Simak penjelasan tentang Isra Miraj berikut ini.

Selengkapnya

Komentar

Berita Terkait