alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Abdel Achrian Hijrah dari Narkoba, Rehabilitasi di Pesantren, Mandi Taubat

Pebriansyah Ariefana Selasa, 13 April 2021 | 07:51 WIB

Abdel Achrian Hijrah dari Narkoba, Rehabilitasi di Pesantren, Mandi Taubat
Abdel Achrian [Instagram]

Kisah Abdel Achrian terjerumus narkoba terjadi pada 1994 silam. Abdel Achrian jalani program rehabilitasi di Pesantren Suralaya, Tasikmalaya pada 1998.

SuaraJakarta.id - Pemeran serial komedi Abdel Temon, Abdel Achrian hijrah tinggalkan narkoba. Abdel Achrian menjalani ritual mandi taubat hingga zikir.

Kisah Abdel Achrian terjerumus narkoba terjadi pada 1994 silam. Abdel Achrian jalani program rehabilitasi di Pesantren Suralaya, Tasikmalaya pada 1998.

Abdel banyak diajarkan sholat dan zikir selama berada di rehabilitas. Hal ini pula yang menjadi awal kisah hijrah Abdel Achrian.

“Kalau mau dihitung bandelnya narkoba ya, mulai dari 94 maksudnya bergelut di dunia narkoba itu. Selesai-selesainya itu tahun 2001. Di antara perjalanan panjang itu ada salah satu fase tahun 98-an, masuk ke rehabilitasi di Tasikmalaya,” ujarnya dilansir dari kanal YouTube CAHAYA UNTUK INDONESIA pada Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Abdel Achrian Ditunjuk Jadi Juri Stand Up Comedy Indonesia

“Di situ tidak diajarkan apa-apa kecuali zikir dan salat karena rehabilitasi yang harus diisi adalah asupan jiwa,” kata dia.

Abdel membeberkan jadwal kesehariannya selama berada di rehabilitas. Rutinitas yang biasa ia lakukan ini pun akhirnya membuat ia lebih dekat dengan Tuhan.

“Dalam satu hari di Inabah itu kita bangun jam 2 malem, kita ada ritual mandi taubat namanya… Setelah mandi taubat, wudhu, segala macem, kita salat. Sholatnya tuh sholat hajat, sholat tasbih, sholat tahajud, sama salat witir… Setealh itu kita zikir sampai subuh.”

Abdel tak menampik bahwa ia merasa tidak ikhlas melakukan ibadah pada sebulan pertama berada di rehabilitasi.

Namun, ia mengubah niat dan memutuskan untuk menjalani ibadah dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Kisah Komedian Abdel Terjerat Narkoba hingga Ditalqin Abah Anom

“Sebulan sih ngerasa, ‘Ini ngapain sih hidup gue begini doang’. Tapi begitu tahu sudah tidak ada yang bisa dilakukan lagi, mencoba untuk nikmatin Ternyata yang bisa bikin sesuatu jadi enak adalah niat… Pada sampai suatu saat udah enggak kepikiran mau ngapain di sini, yaudah diniatin aja bahwa ini memang sesuatu yang harus dijalani,” kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait