alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bacaan Niat Sholat Witir Berjamaah dan Sendiri

Rizki Nurmansyah Rabu, 14 April 2021 | 18:45 WIB

Bacaan Niat Sholat Witir Berjamaah dan Sendiri
Warga melaksanakan ibadah sholat Tarawih dan sholat Witir berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sholat Witir harus dilaksanakan dalam jumlah ganjil.

SuaraJakarta.id - Witir secara bahasa berarti ganjil. Karena sholat Witir memang harus dilaksanakan dalam jumlah ganjil. Sholat witir tidak dianjurkan berjamaah kecuali witir pada bulan Ramadhan.

Meskipun sholat Witir boleh dilaksanakan hanya satu rakaat (sebagai jumlah minimal) tetapi yang utama dilakukan tiga rakaat dan paling utama adalah lima rakaat, kemudian tujuh rakaat dan lalu sembilan rakaat dan yang paling sempurna adalah sebelas rakaat (sebagai jumlah maksimal). Tidak diperbolehkan shalat witir lebih dari jumlah tersebut.

Dikutip SuaraJakarta.id dari laman nu.or.id, jika seseorang melaksanakan witir lebih tiga rakaat, maka dilakukan setiap dua rakaat salam dan ditutup dengan satu rakaat.

Bila melaksanakan tiga rakaat boleh dilakukan langsung tiga rakaat seperti shalat Maghrib. Tetapi sebagian ulama melihat bahwa dipisah lebih utama, yaitu dua rakaat salam lalu satu rakaat.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir Lengkap dengan Doanya

Hal ini sebagaimana keterangan hadits "Janganlah menyamakan witirmu dengan Maghrib".

Namun demikian tiga rakaat berturut-turut lebih utama dibandingkan hanya satu rakaat.

Niat Sholat Witir Berjamaah

- Niat Sholat Witir untuk Imam

Ushalli sunnatan minal Witri rak'ataini mustaqbilal qiblati ada'an imaman lillahi ta'ala

Baca Juga: Lafal Niat Sholat Tarawih dan Sholat Witir Berjamaah dan Sendirian

Artinya, "Aku menyengaja sembahyang sunnah bagian dari shalat Witir dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT."

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait