alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Silsilah Habib Rizieq Keturunan Si Pitung, Jawara Betawi

Pebriansyah Ariefana Minggu, 18 April 2021 | 14:47 WIB

Silsilah Habib Rizieq Keturunan Si Pitung, Jawara Betawi
Tokoh film Si Pitung dan Habib Rizieq

Meski keberadaan si Pitung pun masih perdebatan. Ada yang bilang fakta dan mitos belaka.

SuaraJakarta.id - Bicara soal Habib Rizieq Shihab, banyak hal menarik. Di luar kontroversinnya sebagai mantan pentolan FPI, Habib Rizieq keturunan si Pitung, legenda Jawara Betawi.

Hal ini diungkapkan sejarahwan. Meski keberadaan si Pitung pun masih perdebatan. Ada yang bilang fakta dan mitos belaka.

Namun demikian, menarik untuk dilihat silsilah Habib Rizieq. Habib Rizieq merupakan anak dari perkawinan Hussein Shihab dan Sidah Alatas.

Kedua orangtua Habib Rizieq merupakan orang Betawi keturunan Hadhrami, sekelompok penduduk nomaden yang berasal dari wilayah Hadhramaut, Yaman.

Baca Juga: Didukung Habib Rizieq, Suara Prabowo di Pilpres 2019 Malah Berkurang

Ayahnya, Habib Husein bin Muhammad bin Husein bin Abdullah bin Husein bin Muhammad bin Shaikh bin Muhammad Shihab (lahir sekitar 1920) adalah salah seorang pendiri Gerakan Pandu Arab Indonesia yang didirikan bersama teman-temannya pada tahun 1937.

Foto Habib Rizieq Shihab [Foto: Antara]
Foto Habib Rizieq Shihab [Foto: Antara]

Pandu Arab Indonesia adalah sebuah perkumpulan kepanduan yang didirikan oleh orang Indonesia berketurunan Arab yang berada di Jakarta, yang selanjutnya berganti nama menjadi Pandu Islam Indonesia (PII).

Ayahnya wafat pada tahun 1966 saat Rizieq berusia 11 bulan, sehingga sejak saat itu ia hanya diasuh oleh ibunya, Syarifah Sidah, dan tidak dididik di pesantren.

Baru setelah berusia empat tahun ia mulai rajin mengaji di masjid-masjid dekat rumahnya.

Sebagai orang tua tunggal, ibunya yang bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin juga sangat memperhatikan pendidikan Rizieq serta membimbingnya dengan pendidikan agama.

Baca Juga: Kumpulan Doa Mengerikan Habib Rizieq, Ada untuk Warga Jakarta

Sejarawan Betawi Alwi Shahab mengungkapkan Habib Rizieq masih keturunan si Pitung, jagoan Betawi dari awal abad ke-20. Keturunan tersebut berasal dari kakek Habib Rizieq yakni Muhammad Syihab, dijodohkan dengan kerabat dekat Pitung. Dari perkawinan itu, lahir Hussein Syihab, ayah Rizieq.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait