alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik Dilarang, Ribuan Warga Jakarta Ajukan Pembuatan SIKM

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih Minggu, 09 Mei 2021 | 11:17 WIB

Mudik Dilarang, Ribuan Warga Jakarta Ajukan Pembuatan SIKM
INFOGRAFIS: SIKM Mudik: Masa Berlaku dan Siapa yang Berhak

"Tercatat permohonan SIKM yang diajukan sebanyak 2.189. permohonan dengan 873 SIKM diterbitkan,"

SuaraJakarta.id - Pemerintah telah menetapkan untuk bisa bepergian dari Jabodetabek di tengah larangan mudik, masyarakat harus memiliki Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM). Sampai sekarang, Minggu (9/5) ribuan warga Jakarta sudah mengajukan pembuatan surat itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dki Jakarta Benni Aguscandra mengatakan, pihaknya sudah menerima 2.189 permohonan pembuatan SIKM. Dari jumlah itu, tidak sampai setengahnya dianggap layak.

"Tercatat permohonan SIKM yang diajukan sebanyak 2.189. permohonan dengan 873 SIKM diterbitkan," ujar Benni dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

Selain itu, 1.132 permohonan SIKM telah ditolak pihaknya. Sementara 182 sisanya masih dalam proses penelitian adminitrasi dam teknis sebelum bisa diputuskan.

Baca Juga: Dear Warga Jakarta, SIKM Dapat Diajukan Selama 24 Jam Setiap Hari

"Karena baru saja diajukan oleh pemohon," katanya.

Benni menyebut penolakan oleh petugas umumnya terjadi karena pemohon yang keliru dalam pengajuan SIKM. Biasanya saat pengisian data pemohon ada yang salah atau mereka termasuk kriteria perjalanan nonmudik yang tidak diperkenankan.

“Setelah melalui proses penelitian administrasi dan penelitian teknis perizinan SIKM, masih banyak pemohon yang keliru dalam mengajukan SIKM," kata Bennim

Ia juga menyebut kekeliruan yang kerap terjadi adalah pemohon salah menuliskan alamat dan tujuan perjalanan nonmudik yang tidak semestinya. Di antaranya seperti perjalanan dinas dan bahkan masih ditemukan warga di wilayah aglomerasi, Jabodetabek mengajukan SIKM di Wilayah DKI Jakarta.

"Hal tersebut tidak sesuai dengan ketentuan prosedur SIKM DKI Jakarta sebagaimana peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga permohonan SIKM tersebut ditolak oleh Petugas" pungkasnya.

Baca Juga: Pemohon Palsukan Dokumen SIKM Jakarta, Siap-siap Terancam Pidana

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait