alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kepala Puskesmas Tambora Bantah Nakesnya Lecehkan Ibu Hamil

Erick Tanjung | Yaumal Asri Adi Hutasuhut Jum'at, 08 Oktober 2021 | 14:43 WIB

Kepala Puskesmas Tambora Bantah Nakesnya Lecehkan Ibu Hamil
Penampakan Puskesmas Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. (Suara.com/Yaumal)

"Kami tidak mendiskriminasi siapapun yang hendak melakukan persalinan," kata Kristiani.

SuaraJakarta.id - Kepala Puskesmas Tambora, Kristiani membantah pihaknya melakukan diskriminasi terhadap pasien, termasuk ibu hamil berinisial E yang sempat viral di media sosial. Klarifikasi ini menyusul kabar yang menyebut beberapa bidannya diduga melakukan pelecehan verbal terhadap E, seorang ibu hamil yang hendak melahirkan.

Dia menyatakan, para tenaga kesehatannya memberikan pelayanan dengan memprioritaskan keselamatan pasien.

"Kami tidak mendiskriminasi siapapun yang hendak melakukan persalinan," kata Kristiani saat ditemui wartawan di Puskesmas Tambora, Jakarta Barat, Jumat (8/10/2021).

Dia berujar, ibu hamil yang mendatangi Puskesmas Tambora untuk melahirkan bukan yang pertama kali. Telah banyak kejadian yang sama, semuanya selalu dilayani dengan baik.

Baca Juga: Bidan Puskesmas Tambora yang Diduga Lecehkan Ibu Hamil Sudah Kembali Bekerja

"Sebetulnya case (kasus) seperti ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya sudah banyak case seperti ini dalam artian ibu hamil yang mau persalinan tidak membawa suaminya, dan semuanya baik-baik saja," ujarnya.

Kata dia, pendampingan tidak harus dengan suami, boleh saja dengan siapapun. Yang penting ada pihak yang bertanggung jawab dalam pengurusan administrasi.

"Jadi harus merujuk, harus ada pendamping yang bertanggung jawab untuk administrasi," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, kejadian itu viral di media sosial setelah diunggah kembali oleh salah satu akun Instagram dengan nama pengguna @lets.talkandenjoy pada Selasa (5/10/2021). Sebelumnya video itu diunggah oleh seorang perempuan di TikTok.

Wanita pengunggah video itu bercerita bahwa saudaranya yang sedang hamil 9 bulan pergi ke puskesmas untuk periksa menjelang lahiran.

Baca Juga: Bantah Bidan Lecehkan Bumil, Kepala Puskesmas Tambora: Pasien Kami Tangani dengan Baik

Sayangnya, ketika sampai di puskesmas ia justru diperlakukan kurang sopan oleh para nakes. Mereka menyampaikan kata-kata yang tidak pantas disampaikan ke pasien.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait