alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kenang Heldy Djafar Istri ke-9 Bung Karno, Anak Bungsu Ungkap Kebiasaan yang Bikin Kangen

Rizki Nurmansyah Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:09 WIB

Kenang Heldy Djafar Istri ke-9 Bung Karno, Anak Bungsu Ungkap Kebiasaan yang Bikin Kangen
Karangan bunga dukacita atas wafatnya Heldy Djafar, istri kesembilan Bung Karno, di rumah duka di Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (12/10/2021). [SuaraJakarta.id/Wivy Hikmatullah]

"Nggak lama setelah menikah, Bung Karno dipenjara dan selesai."

SuaraJakarta.id - Istri ke-9 Presiden Soekarno, Heldy Djafar wafat diusia 74 tahun. Almarhumah wafat usai tiga minggu menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangkunkusumo (RSCM), Jakarta, akibat kanker, gagal ginjal dan komplikasi lainnya, Minggu (10/10/2021).

Pihak keluarga kini sudah mengikhlaskan Heldy Djafar beristirahat selamanya di tempat persemayamannya di TPU Karet Bivak, Jakarta Selatan.

Anak ke-6 Heldy Djafar, Gusti M Firdiansyah Noor atau Iyan mengatakan, mengenang sang ibu sebagai sosok yang ramah. Sebagai anak bungsu, ia pun mengakui yang paling membuat repot sang ibu.

"Ibu saya itu orangnya, buat anak bungsu paling perhatian sama saya dan paling repot ngurusin saya. Tapi kalau sayangnya dia sama ke semua anaknya. Ramah juga," katanya ditemui SuaraJakarta.id—grup Suara.com—Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Heldy Djafar Istri ke-9 Bung Karno Wafat, Anak: Baru Tahu Sakit Parah 3 Minggu Terakhir

Iyan pun mengaku rindu dengan kebiasaan almarhumah yang kerap menanyai kabarnya lewat telepon. Dalam seminggu, Heldy bisa menelpon enam anaknya secara bergantian, menanyai kabar sekaligus menantu dan cucu serta cicitnya.

Pasalnya, setelah anak-anaknya memiliki kelurga masing-masing, Heldy Djafar tak lagi tinggal satu atap dengan anak-anaknya yang tinggal menyebar di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan lainnya.

"Meskipun sudah pada pisah (rumah) tetap ditanyai. Seminggu bisa dua kali telepon. Ditanyain kapan mau main. Semuanya diteleponin, sampai tua tetap sayang semua nggak ada perbedaan. Mungkin itu salah satu yang membuat anaknya kehilangan," tutur Iyan.

Jadi Istri Bung Karno

Soal hubungan Heldy Djafar dengan Bung Karno, Iyan mengaku sempat mendengar cerita itu langsung dari sang ibu. Bahwa, Heldy sempat menjalin pernikahan dengan presiden pertama Indonesia itu.

Baca Juga: Kisah Heldy Djafar: Bertemu Soekarno Saat Sambut Tim Thomas, Dipinang di Usia 18 Tahun

"Cerita ibu saya membenarkan soal itu. Saudara yang tua-tua juga pada tahu. Tetapi, nggak lama setelah menikah, Bung Karno dipenjara dan selesai. Ibu saya waktu itu masih muda usianya di bawah 20 tahun," ungkap Iyan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait