alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Buntut Dua Kecelakaan Berturut-turut, PT. TransJakarta Dipanggil DPRD DKI Hari Ini

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih Senin, 06 Desember 2021 | 10:02 WIB

Buntut Dua Kecelakaan Berturut-turut, PT. TransJakarta Dipanggil DPRD DKI Hari Ini
Bus TransJakarta tabrak beton separator di depan Ratu Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/12/2021) siang. [Instagram@jktinfo]

Dalam kurun waktu 40 hari setidaknya ada lima kasus kecelakaan bus TransJakarta

SuaraJakarta.id - Komisi B DPRD DKI Jakarta memanggil PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) hari ini, Senin (6/12/2021) pukul 10.00 WIB. Pemanggilan itu terkait kecelakaan berturut-turut yang terjadi pada pekan lalu.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Abdul Aziz. Ia menyebut pihaknya sudah menjadwalkan pemanggilan pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

"Iya benar, jadi insyaallah pukul 10.00 WIB," ujar Aziz saat dikonfirmasi Suara.com, Senin (6/12/2021).

Aziz mengatakan, nantinya pihaknya akan meminta keterangan rinci soal kecelakaan yang terjadi. Mengenai penyebab, pelaksanaan standar operasional prosedur, operator, hingga sistemnya.

Baca Juga: Hari Ini Polda Metro Jaya Gelar Perkara Kasus Bus Transjakarta Tabrak Pos Polisi

"Karena ini pasti kecelakaan terjadi karena dua penyebab, bisa human error (kesalahan manusia) atau dari sistemnya yang jelek. Makanya nanti akan kita cek," katanya.

Selain itu, Aziz juga menyebut pihaknya sudah pernah memberikan rekomendasi untuk TransJakarta pada Oktober lalu setelah kejadian kecelakaan yang menewaskan satu orang di Jalan MT Haryono. Isinya adalah meminta TransJakarta memeriksa kesehatan sopir sebelum bekerja.

"Rekomendasi ini mau ditanya sudah dilaksanakan atau belum. Kalau belum kenapa, kan ini untuk mencegah kecelakaan," katanya.

Diketahui, dalam kurun waktu 40 hari setidaknya ada lima kasus kecelakaan TransJakarta. Yakni di Halte Cawang, Jakarta Timur yang menyebabkan dua orang tewas, yakni sopir dan penumpang bus TransJakarta.

Selain di Cawang, juga ada insiden bus terbakar di Senen, Jakarta Pusat dan kecelakaan tunggal di Gandaria, Jakarta Selatan dan yang terbaru pada Kamis di depan Pusat Grosir Cililitan (PGC) dan kecelakaan tunggal di dekat Halte Bundaran Senayan Jakarta, pada Jumat kemarin.

Baca Juga: Tambah CCTV, TransJakarta Pantau Kinerja Sopir, Kecepatan Maksimal 50 Km/Jam

Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya meminta maaf atas rentetan kecelakaan TransJakarta dalam dua hari berturut-turut, Kamis & Jumat (2 & 3/12/2021) lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait