facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ular Sanca Panjang Dua Meter Ditemukan di Saringan Kali Item Kemayoran

Erick Tanjung Selasa, 18 Januari 2022 | 15:42 WIB

Ular Sanca Panjang Dua Meter Ditemukan di Saringan Kali Item Kemayoran
Petugas Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Jakarta Pusat menyelamatkan ular sanca di saringan sampah otomatis Gedung Pompa Kali Item Kemayoran, Serdang, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022). (Antara/Dokumentasi Pribadi)

"Ketika air tinggi, dia terbawa sampai ke mesin saringan kami. Mungkin dari pinggir sungai asalnya, terbawa air, kemudian terangkat tadi di saringan kami," ujar Fakhri.

SuaraJakarta.id - Petugas Unit Pelaksana Kebersihan atau UPK Badan Air Jakarta Pusat menyelamatkan ular sanca sepanjang dua meter lebih di saringan sampah otomatis Gedung Pompa Kali Item Kemayoran, Serdang, Jakarta Pusat.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Fakhri Andhiko, mengatakan ular sanca kembang tersebut terbawa hingga ke mesin saringan saat debit air di aliran Kali Sunter tinggi.

"Ketika air tinggi, dia terbawa sampai ke mesin saringan kami. Mungkin dari pinggir sungai asalnya, terbawa air, kemudian terangkat tadi di saringan kami. Untung tidak sampai ke perumahan warga," kata Fakhri saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Fakhri menjelaskan bahwa ular sanca tersebut telah diambil oleh warga di Kelurahan Serdang, yang berniat memelihara. Selain ular sanca, petugas juga menemukan biawak dan ikan lohan di mesin saringan sampah otomatis.

Baca Juga: Diguyur Hujan Lebat, Jalan Merdeka Timur Hingga Bungur Jakpus Terendam Banjir

Adapun hingga kini petugas UPK Badan Air terus melakukan pengangkatan sampah di aliran sungai agar meminimalisasi penyumbatan.

"Sampah kita antisipasi terus, kita hilangkan di titik-titik rawan penyumbatan, seperti di Kelurahan Serdang. Masih minimal jumlah sampahnya," ujar dia.

Selain melakukan pengangkatan sampah di permukiman warga, petugas juga turut menyosialisasikan kepada warga untuk waspada terhadap aliran listrik yang masih aktif.

Adapun hujan deras mengguyur Jakarta sejak pukul 10.00 WIB. Akibat intensitas hujan sedang-lebat selama lebih dari tiga jam tersebut, sejumlah ruas jalan dan permukiman warga tergenang banjir. 

Baca Juga: Salah Satu Kepala Seksi di Sudin Citata Jakarta Pusat Positif COVID-19, Pegawai WFH

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait