facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Formula E Dinilai Terlalu Dipaksakan, Anies: Kami Hanya Menjalankan Perda

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Jum'at, 21 Januari 2022 | 18:42 WIB

Formula E Dinilai Terlalu Dipaksakan, Anies: Kami Hanya Menjalankan Perda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo di Jakarta. (Antara/Livia Kristianti)

"Ketika dipertanyakan kenapa ini dipaksakan, bukan dipaksakan, ini adalah peraturan daerah, sudah ditetapkan oleh Perda," ujar Anies.

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Formula E bukanlah ajang yang dipaksakan. Ia menyebut menggelar balap mobil listrik itu merupakan amanat Peraturan Daerah atau Perda.

Perda yang dimaksud adalah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Perubahan tahun 2019. Formula E merupakan salah satu program yang sudah dianggarkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Ketika dipertanyakan kenapa ini dipaksakan, bukan dipaksakan, ini adalah peraturan daerah, sudah ditetapkan oleh Perda," ujar Anies dalam Youtube Total Politik, dikutip Jumat (21/1/2022).

Karena itu, segala proses mempersiapkan Formula E disebutnya memang sudah menjadi kewajiban baginya selaku pimpinan pemerintah daerah DKI.

Baca Juga: Jawab Tudingan Giring Soal Formula E, Gubernur Anies : Kasihan Juga Waktunya Longgar Betul

"Dan tugasnya gubernur melaksanakan semua ketentuan perundangan, termasuk perda, dan perda itu ada tentang formula E. Itu saya lakukan," tuturnya.

Ia pun juga merasa bingung dengan pihak yang menganggapnya tidak menjalankan prioritas dalam menjalankan pemerintahan karena mengadakan Formula E. Mantan Mendikbud ini mencontohkan soal protes mengenai anggaran yang dikucurkan seharusnya dipakai untuk penanganan pandemi Covid-19.

Menurutnya terkait pandemi juga sudah dijalankan pihaknya menggunakan anggaran lain. Pembayaran commitment fee atau uang komitmen menjadi lain hal dan sama juga menjalankan kewajibannya di pemerintahan.

"Sebelum penyelenggaraan saya sampaikan di sini bahwa Formula E itu ditetapkan anggarannya lewat Perda APBD, disitu sudah ditetapkan sebagai program," pungkasnya.

Baca Juga: Bandingkan dengan Formula E, Anies Baswedan: Asian Games Bikin Velodrome Rp 400 Miliar Hanya Sekali Pakai

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait