facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Cara Tepat Memilih Warna dalam Pembuatan Website

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah Selasa, 15 Februari 2022 | 15:39 WIB

Tips Cara Tepat Memilih Warna dalam Pembuatan Website
Ilustrasi membuka website. (Shutterstock)

Skema warna sebuah website ialah sekumpulan warna yang sudah dipilih oleh desainer yang digunakan untuk mendesain sebuah website.

SuaraJakarta.id - Hal pertama yang akan diperhatikan seseorang ketika mengunjungi website adalah warna. Ketika pemilihan warnanya tidak tepat, orang pun akan langsung keluar dari situs tersebut. Sebaliknya, bila kombinasi warna yang dipilih bagus, orang akan betah dan ingin mencari lebih banyak informasi dari situsnya.

Lantas, bagaimana sih memilih warna yang tepat untuk sebuah situs? Ikuti terus ulasan ini untuk mendapatkan informasinya.

Lebih Detail tentang Skema Warna Website

Skema warna sebuah website ialah sekumpulan warna yang sudah dipilih oleh desainer yang digunakan untuk mendesain sebuah website. Banyak orang menyebutnya palet warna. Namun, pada dasarnya setiap warna yang ada, dapat dipakai untuk semua elemen situs web. Artinya, warna yang sudah dipakai pun, dapat diaplikasikan untuk komponen lainnya. Hanya saja, tata letaknya yang perlu mendapat perlakuan khusus agar desain tetap tampak menarik untuk dilihat.

Baca Juga: 4 Keahlian Penting yang Wajib Dimiliki Generasi Milenial

Pada umumnya, palet warna dibagi menjadi 2, yaitu primer dan sekunder. Warna primer biasanya akan lebih dominan dalam desain web, biasa digunakan untuk latar belakang, logo, atau menu.

Sedangkan warna sekunder dipakai untuk penambahan aksen atau corak pada desain, agar tampilan semakin cantik dan menarik. Sebab, kombinasi yang tepat di antara warna-warna primer dan sekunder akan dapat memberikan tampilan visual yang lebih variatif tetapi tetap konsisten.

Baca juga: Cara Menambahkan Bisnis di Google Map

Konsistensi dalam desain sebuah website memiliki nilai dasar yang dapat menonjolkan kepribadian dan identitas merek sebab pemakaian gaya dan warna yang berulang akan menghasilkan asosiasi antara audiens dengan merek tersebut.

Tetapi, sebuah desain website tidak akan bisa dinikmati oleh target audiens tanpa hosting dan beli domain. Dengan adanya domain dan hosting, desain web akan dapat dilihat banyak orang.

Baca Juga: Fragmen Pecahan Celupak Juga Ditemukan dalam Penggalian Situs Gemekan di Mojokerto

Alasan Warna Desain Web Begitu Penting

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait