facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diperlukan untuk Proteksi Kesehatan, Berikut Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah Kamis, 12 Mei 2022 | 20:58 WIB

Diperlukan untuk Proteksi Kesehatan, Berikut Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah
Ilustrasi Proteksi Kesehatan Keluarga. (Istimewa)

Pada dasarnya, pengertian asuransi kesehatan syariah adalah sebuah produk yang memberikan perlindungan finansial dari risiko kesehatan bagi peserta asuransi.

SuaraJakarta.id - Biaya pengobatan penyakit pada zaman modern sekarang tidak ada yang murah, apalagi saat penyakit yang diderita membutuhkan penanganan khusus. Penting sekali untuk menyiapkan perlindungan melalui asuransi kesehatan.

Pada dasarnya, pengertian asuransi kesehatan syariah adalah sebuah produk yang memberikan perlindungan finansial dari risiko kesehatan bagi peserta asuransi. Ketika salah satu peserta mengalami risiko kesehatan, maka dana yang digunakan untuk memberikan perlindungan adalah dana tolong menolong (tabarru’) yang dikumpulkan dari semua peserta asuransi, bukan milik perusahaan asuransi. Nilai saling tolong menolong inilah, keunggulan asuransi syariah dibandingkan asuransi konvensional.

Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi Kesehatan. (Istimewa)
Asuransi Kesehatan. (Istimewa)

Agung Andrian dan Christiana, founder dari Fakta Asuransi Syariah menjelaskan beberapa manfaat asuransi kesehatan syariah sehingga sangat dibutuhkan untuk proteksi kesehatan, antara lain :

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi selama Pandemi Covid-19, Begini Cara yang Tepat!

1.    Tidak Perlu Terbebani dengan Biaya

Tak jarang, saat sakit masalah biaya menjadi hal yang membuat pikiran terganggu. Menggunakan asuransi kesehatan syariah, membuatmu tidak perlu khawatir dengan biaya karena akan ditanggung oleh asuransi syariah melalui dana tolong menolong (tabarru’).

2.    Mendapatkan Santunan Tunai

Santunan tunai diberikan selama pasien dirawat di rumah sakit. Santunan ini bermanfaat untuk mengganti biaya transport, biaya inap keluarga hingga pendapatan peserta yang hilang selama di rawat di rumah sakit. 

3.    Proses Lebih Mudah

Baca Juga: Waspada, 3 Makanan Ini Dapat Menyebabkan Asam Urat Tinggi

Asuransi kesehatan syariah, mempunyai banyak jaringan rumah sakit. Peserta dapat menikmati kemudahan dibandingkan pasien lain yang tidak menggunakan asuransi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait