facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Atasi Banjir, Pemprov DKI Mulai Bangun Saluran Waduk Cawang

Rizki Nurmansyah Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:00 WIB

Atasi Banjir, Pemprov DKI Mulai Bangun Saluran Waduk Cawang
Lokasi pembuatan Waduk Cawang, Jakarta Timur, Jumat (13/5/2022). [Dok. Kominfotik Jakarta Timur]

SDA Jaktim juga sudah melakukan pematokan lahan yang akan dijadikan outlet saluran air dari Waduk Cawang menuju Kali Ciliwung.

SuaraJakarta.id - Pemprov DKI Jakarta, melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, mulai membangun saluran keluar (outlet) Waduk Cawang di RW 01 Cawang, Kramat Jati, Jumat (13/5/2022) kemarin.

Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri mengatakan, pembangunan Waduk Cawang itu untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut.

"Panjang outlet yang dibangun mencapai 87 meter, menggunakan beton U Ditch ukuran 1,2x1,2 meter. Titiknya dari Waduk Cawang menuju Kali Alam di lingkungan sekitar," kata Saugi, Sabtu (14/5/2022).

Saugi menambahkan sebanyak satu unit alat berat jenis wheel excavator mini dikerahkan di lokasi untuk pengerukan lahan.

Baca Juga: Warga Tambaklorok Semarang Keluhkan Air Rob Masuk Rumah Setiap Hari

Sebelumnya pada Rabu lalu pihak SDA Jaktim juga sudah melakukan pematokan lahan yang akan dijadikan outlet saluran air dari Waduk Cawang menuju Kali Ciliwung.

"Kali alam ini kita bentuk lagi agar berfungsi maksimal. Yakni dibuat saluran air baru lagi menggunakan batu kali. Sehingga outlet dan saluran air baru ini menyatu dialirkan ke Kali Ciliwung," ujar Saugi.

Dia mengatakan panjang kali alam yang diperbaiki menjadi rintisan saluran air baru ini mencapai 50 meter hingga ujungnya sampai ke Ciliwung.

Nantinya saluran air ini dibuat menggunakan batu kali dengan lebar dua meter dan tinggi, 1,5 meter.

"Nantinya akan ditambah satu unit alat berat lagi untuk percepatan pekerjaan. Targetnya dalam waktu sekitar dua bulan proyek saluran air ini akan rampung," tutur Saugi. [Antara]

Baca Juga: Ada 21 Kasus Hepatitis Akut di Jakarta, Pemprov DKI Bakal Kurangi Kapasitas PTM?

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait