Sajikan Soto Nusantara, Sudin Parekraf Jaktim Ramaikan Festival Kuliner Nusantara di Pelataran Mall City Plaza

Festival Kuliner Nusantara menampilkan 30 pelaku industri kuliner di wilayah Jakarta Timur.

Fabiola Febrinastri
Jum'at, 19 Agustus 2022 | 11:05 WIB
Sajikan Soto Nusantara, Sudin Parekraf Jaktim Ramaikan Festival Kuliner Nusantara di Pelataran Mall City Plaza
Festival Kuliner Nusantara di Pelataran Mall City Plaza, Jakarta Timur. (Dok: Pemkot Jaktim)

SuaraJakarta.id - Budaya Indonesia begitu kaya, terutama dari sajian kuliner khasnya. Masing-masing daerah memiliki makanan khas yang menjadi keunggulan, serta daya tarik para wisatawan domestik dan mancanegara untuk berwisata kuliner.

Untuk semakin melestarikan kuliner khas Indonesia yang menjadi salah satu identitas budaya serta menumbuhkan kebanggaan masyarakat atas warisan kuliner Nusantara, Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Festival Kuliner Nusantara yang bertajuk Satukan Ragam Soto Nusantara (Satu Rasa), di Pelataran Mall City Plaza, Jakarta Timur, pada 20 - 21 Agustus 2022.

Acara ini mengangkat jenis makanan soto, karena soto merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Soto menjadi salah satu warisan kuliner nasional, karena terdapat soto di berbagai daerah yang diolah dengan keunikan dan kekhasan daerah masing-masing.

Acara ini merupakan bazar makanan yang menyajikan beragam hidangan kuliner soto Nusantara. Selain menyajikan beragam kuliner soto, terdapat juga acara lomba membuat soto Nusantara, dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Baca Juga:Seru, Kini Bisa Bikin Bikin 'Eatlist' di GoFood, Daftar Kuliner Favorit yang Kamu Banget!

Aneka jenis soto yang dilombakan antara lain, Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Makassar, Soto Kudus, Soto Padang, Soto Medan, Soto Madura, Soto Lamongan, dan lainnya.

Kaya akan beragam rempah-rempah, membuat sebuah hidangan seperti soto, bisa memiliki cita rasa yang unik dan bisa berbeda-beda antara daerah yang satu dengan lainnya. Yang membuatnya kelezatannya menjadi beragam antara lain pemilihan bumbu, bahan-bahan, proses memasak dan penyajian.

“Kami ingin kuliner Nusantara semakin melegenda, disukai dan dicintai masyarakat tidak hanya di dalam negeri tapi juga mancanegara. Makanan khas Indonesia harus semakin dikenal di dunia internasional, karena negara kita salah satu surga kuliner dunia yang menjadi magnet pariwisata,” ujar Ahmad Gozali, M.Si, Kadis Suku Dinas Pariswisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur.

Festival Kuliner Nusantara menampilkan  30 pelaku industri kuliner di wilayah Jakarta Timur. Terdapat juga Jakpreneur yang ikut serta meramaikan acara ini, yaitu para pelaku usaha kuliner binaan Sudin Parekraf Jakarta Timur.

“Festival Kuliner Nusantara mengundang banyak sekali pelaku industri kreatif di bidang kuliner untuk berpartisipasi. Ini menjadi ajang dan ruang bagi mereka untuk semakin berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas, sehingga akan timbul semangat yang tinggi untuk terus berinovasi dalam mengembangkan usaha yang mereka jalankan. ” lanjut Ahmad.

Baca Juga:Suka dengan Japanese Cream Puff, Amanda Manopo Buka Bisnis Kuliner Unik

Selain acara bazar makanan dan perlombaan memasak soto, terdapat juga acara hiburan yang menampilkan Ellan Palestina, salah satu finalis Rising Star Indonesia (musim ketiga). Pengunjung juga bisa ikut bermain games dengan hadiah voucher makanan.

News

Terkini

Berdasar hasil pemeriksaan penyidik terhadap Lesti selaku pelapor, Rizky Billar bukan sekali atau dua kali melakukan dugaan KDRT.

Lifestyle | 20:12 WIB

Sopir truk juga terekam memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

News | 18:53 WIB

Kedua tersangka tersebut merupakan pengangguran. Mereka mengaku baru kali pertama melakukan penjambretan.

News | 18:17 WIB

Banjir kemarin terjadi sekira pukul 4 sore, setelah sebelumya hujan dengan deras mengguyur wilayah tersebut.

News | 17:17 WIB

Saat video call, wanita tersebut meminta H untuk melakukan adegan seksual.

News | 17:04 WIB

Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA, ujar Anies.

News | 16:53 WIB

Tapi kalau di belakang, lebih dalam airnya, karena tanahnya lebih rendah. Terendam air banjir 80 sentimeter," kata Ibu Herman kepadaSuara.com

News | 15:48 WIB

Selain dihujat, Baim dan Paula juga resmi dilaporkan ke polisi.

Lifestyle | 15:27 WIB

Ferdy Sambo juga berdalih harus membunuh Brigadir J lantaran rasa cinta kepada istrinya Putri Candrawathi.

News | 15:16 WIB

Ade menyebut korban sempat dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

News | 14:43 WIB

Hujan yang deras disertai luapan air dari Kali Mampang menyebabkan banjir dengan ketinggian yang bervariatif.

News | 14:25 WIB

Anies mengatakan pembuatan sumur resapan berdasarkan masih banyaknya daerah berbentuk tanah cekung.

News | 12:49 WIB

"Terlapor emosi, mendorong korban dan membanting korban ke kasur dan mencekik leher korban sehingga korban terjatuh ke lantai."

News | 12:18 WIB

"Melakukan pemeriksaan terhadap korban, melakukan pemeriksaan dua orang ART/Pengasuh Anak dan karyawan Leslar Entertaiment."

News | 11:53 WIB

"Jadi kalau teman-teman lihat, mendung alat-alat itu sudah berada di lokasi yang terduga akan mengalami genangan sampai banjir."

News | 11:34 WIB
Tampilkan lebih banyak