Jadi Tempat Prostitusi, Satpol PP Jakarta Utara Merazia Kampung Rawa Malang di Cilincing

"Tempat ini dikenal dengan Kampung Rawa Malang, area ini memang dekat permukiman warga, tetapi aktivitasnya banyak tidak berizin," ujar Yuma.

Erick Tanjung
Selasa, 27 September 2022 | 05:40 WIB
Jadi Tempat Prostitusi, Satpol PP Jakarta Utara Merazia Kampung Rawa Malang di Cilincing
Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Madjid (Yuma) memimpin operasi patroli keliling di dua tempat yang diduga menjadi lokasi prostitusi malam hari di Cilincing, Jakarta Utara, salah satunya area Kampung Rawa Malang, Semper Timur, Senin (26/9/2022). [Antara/Abdu Faisal]

SuaraJakarta.id - Pemerintah Kota Jakarta Utara meningkatkan pengawasan tempat usaha hiburan tidak berizin dengan menggelar patroli keliling di dua tempat diduga lokasi prostitusi malam hari di Cilincing. Salah satunya area Kampung Rawa Malang, Semper Timur.

Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Madjid alias Yuma mengatakan, iamengerahkan 100 personel dalam patroli untuk memantau aktivitas tempat usaha hiburan malam tidak berizin tersebut.

"Tempat ini dikenal dengan Kampung Rawa Malang, area ini memang dekat permukiman warga, tetapi aktivitasnya banyak tidak berizin dan dijadikan tempat diduga perbuatan asusila dan sebagainya," kata Yuma di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Yuma menambahkan, upaya patroli tersebut dilaksanakan sebagai respons kejadian melanggar hukum beberapa waktu lalu yakni dugaan pelecehan seksual oleh empat anak terhadap remaja putri usia 13 tahun di Hutan Kota Rawa Malang.

Baca Juga:Buntut Kasus Pemerkosaan Remaja di Hutan Kota Rawa Malang, Wagub DKI Bakal Tutup Semua Tempat Prostitusi

Oleh karena itu, katanya, rapat di Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada Senin siang, Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Utara menyusun upaya yang lebih komprehensif dalam penanganan tempat usaha hiburan tak berizin tersebut.

Hal itu antara lain dengan mengerahkan Satuan Polisi Pamong Praja setempat untuk melakukan upaya penegakan peraturan daerah terkait dengan perizinan tempat usaha.

Namun, saat operasi patroli malam mulai dilaksanakan, pelaku usaha hiburan tak berizin di Kampung Rawa Malang sudah mengetahui rencana operasi itu sehingga tempat itu sudah tampak kosong.

"Polsek Cilincing tadi siang sudah melakukan operasi cipta kondisi berupa pemberitahuan kepada warga sebelumnya bahwa akan ada penertiban yang dilakukan di tempat ini. Itu bagian dari sosialisasi," ujar Yuma.

Kalau dilihat dari tempatnya, Yuma memperkirakan sekitar tiga blok dengan jumlah 36 bangunan tempat usaha yang terdapat di sana.

Baca Juga:Cegah Tawuran Antarpelajar, Satpol PP Surabaya Gencarkan Patroli

"Kami melihat ini tiga blok ya. Selebihnya itu permukiman. Tapi permukimannya pun bertumpuk, di atasnya tempat tinggal, di bawahnya tempat usaha tapi kondisinya tutup. Itu yang tadi kami temukan di tempat ini," kata Yuma.

Terkini

Layanan vaksinasi akhir pekan itu juga dapat diakses oleh masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga.

News | 06:00 WIB

Sekitar 30 warga Desa Cijedil tertimbun tanah longsor maupun reruntuhan bangunan akibat gempa bumi yang memporak-porandakan daerah itu.

News | 04:05 WIB

Sementara, pada malam hari hujan ringan akan mengguyur sebagian wilayah Jakarta. Sebagian lainnya cerah berawan.

News | 02:05 WIB

Dengan demikian, hari ini ada 21.647 kasus aktif COVID-19 di Jakarta, atau ada penurunan 1.250 kasus dari hari kemarin.

News | 00:05 WIB

Tim KAI Daop 1 Jakarta dan tim awak sarana KAI Commuter sedang mengevakuasi gerbong kereta dan prasarana yang terdampak di lokasi,

News | 21:53 WIB

Penumpang dievakuasi oleh petugas dialihkan menggunakan gerbong KRL lain yang menuju Stasiun Jakarta Kota.

News | 21:22 WIB

Proses evakuasi rumah roboh masih dilakukan oleh BPBD DKI Jakarta.

News | 21:15 WIB

Turnamen Piala Walikota Tangerang Grasstrack Motorcross ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 26 Nopember hingga 27 Nopember 2022 dengan membuka 23 kelas.

News | 20:47 WIB

Polisi baru-baru ini mengungkap fakta terbaru kasus kematian satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, yang ditemukan mengering.

News | 19:48 WIB

Saat gempa Cianjur terjadi, dirasakan cukup kencang di area situs.

News | 19:05 WIB

DVI Polri telah menerima 158 kantong jenazah, baik di RSUD Cimacan maupun di RSUD Sayang.

News | 18:17 WIB

Jokowi menyinggung 'rambut putih' yang disebutnya sebagai pemimpin yang memikirkan rakyat.

News | 18:09 WIB

"Kereta anjlok tertimpa tiang pantograf di Stasiun Kampung Bandan."

News | 17:50 WIB

"Jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di Istana yang AC-nya dingin. Ini negara besar. Jangan hanya duduk manis di Istana presiden," kata Jokowi.

News | 16:03 WIB

Spanduk itu dibentangkan tepat di depan panggung di mana Presiden Jokowi sedang berpidato.

News | 15:38 WIB
Tampilkan lebih banyak