alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BPJT Restui Jalan Khusus Sepeda di Tol Lingkar Dalam

Pebriansyah Ariefana | Fakhri Fuadi Muflih Jum'at, 28 Agustus 2020 | 18:38 WIB

BPJT Restui Jalan Khusus Sepeda di Tol Lingkar Dalam
Pesepeda melintasi jalur sepeda di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Minggu (19/7/2020). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

BPJT disebutnya menyambut baik rencana ini.

SuaraJakarta.id - Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat jalan tol sebagai jalur khusus sepeda menuai kontroversi. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari pihak penyelenggara.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengklaim sudah melakukan koordinasi dengan Badan Usaha Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) selaku penyelenggara jalur bebas hambatan Kebon Nanas-Tanjung Priok. BPJT disebutnya menyambut baik rencana ini.

"Kami sudah koordinasikan dengan Badan Usaha Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) dan prinsipnya mereka setuju untuk diselenggaran di jalan tol," ujar Syafrin saat dihubungi, Jumat (28/8/2020).

Selain itu, ia juga menyebut sudah membicarakan hal ini dengan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Dirlantas Polda Metro Jaya, Jasa Marga hingga Kodam Jaya.

Baca Juga: Anies Minta Jalan Tol Jadi Jalur Sepeda, PDIP: Cari Perhatian Pemberitaan

Semua pihak itu disebutnya mendukung rencana ini.

"Prinsipnya seluruhnya mendukung untuk ini bisa terselnggara," kata Syafrin.

Ia sendiri menganggap rencana ini sebagai acara khusus untuk sepeda road bike yang diadakan tiap pekan. Namun sampai saat ini pihaknya masih menunggu izin dari Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono.

"Regulasi memungkinkan namun untuk penyelenggaraan tetap menunggu izin Menteri PUPR," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali berkeinginan membuat jalur sepeda khusus. Kali ini, ia meminta untuk dilakukan penutupan jalan tol demi lintasan kendaraan ramah lingkungan itu.

Baca Juga: Polemik Jalur Sepeda di Tol Jakarta, Polisi Tunggu Izin Kementerian PUPR

Permintaan ini disampaikan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono dalam surat permohonan nomor 297/-1.792.1 tentang pemanfaatan ruas jalan tol lingkar dalam (Cawang-Tanjung Priok).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait