alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kena Corona di Penjara, Gus Nur Mohon ke Polri Agar jadi Tahanan Rumah

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah Kamis, 26 November 2020 | 15:28 WIB

Kena Corona di Penjara, Gus Nur Mohon ke Polri Agar jadi Tahanan Rumah
Gus Nur (dok pribadi)

"...penyidik dapat mengalihkan penahanan dari penahanan di rumah tahanan (Rutan) dialihkan menjadi tahanan rumah atau tahanan kota."

SuaraJakarta.id - Pendakwah Sugi Nur Raharja atau Gus Nur mengajukan permohonan ke Bareskrim Polri agar penahanannya ditangguhkan.

Permohonan penangguhan penahanan kepada Polri itu diwakili oleh tim pengacara Gus Nur. Dalih tim pengacara mengajukan permohonan tahanan kota atau rumah karena pertimbangan kesehatan Gus Nur usai puluhan tahanan Bareskrim Polri terpapar Corona (Covid-19).

Salah satu tim kuasa hukum Gus Nur, Ahmad Khozinudin, menjelaskan kekinian berkas perkara Gus Nur belum juga dilengkapi dan dilimpahkan ke Kejaksaan. Sambil menunggu hal tersebut penangguhan penahanan dirasanya adalah satu pilihan tepat.

"Atau jika tetap dalam status ditahan, penyidik dapat mengalihkan penahanan dari penahanan di rumah tahanan (Rutan) dialihkan menjadi tahanan rumah atau tahanan kota," kata Ahmad dalam konferensi persnya di Markas PA 212, Jalan Raya Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga: Gus Nur Kena Covid usai Berdoa Corona Serang Istana: Mulutmu, Harimaumu

Menurutnya, surat permintaan pengalihan status penahanan Gus Nur sudah dilayangkan pihaknya pada Rabu (15/11) lalu. Bahkan surat permohonan itu dilayangkan 3 kali berturut-turut namun belum direspon.

Di sisi lain, pengalihan penahanan ini dirasa tim kuasa hukum sangat penting. Selain itu untuk menghormati azas keadilan guna menegakkan kepastian hukum juga untuk menjamin kesehatan yang bersangkutan.

"Agar Gus Nur terjamin kesehatannya, mengingat sebagaimana telah dikabarkan media sebanyak 48 tahanan Bareskrim Polri dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19)," ungkapnya.

"Status tahanan rumah atau tahanan kota akan lebih menjamin kesehatan Gus Nur, ketimbang berada di sel tahanan Bareskrim Polri," sambungnya.

Gus Nur sebelumnya dinyatakan positif Corona setelah mendekam di rumah tahanan Bareskrim Mabes Polri. Gus Nur pun dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (15/11/2020) malam.

Baca Juga: Beredar Video Gus Nur Berkali-kali Doakan Virus Corona Serbu Istana

Ada 7 tahanan Bareskrim Mabes Polri yang positif corona. Mereka dibawa ke RS Polri pukul 20.00 WIB semalam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait