alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Aturan Melayat di Tempat Pemakaman Khusus Covid-19

Erick Tanjung | Yaumal Asri Adi Hutasuhut Selasa, 23 Februari 2021 | 20:12 WIB

Begini Aturan Melayat di Tempat Pemakaman Khusus Covid-19
Pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Bambu Apus, Jaktim. (Suara.com/Yaumal)

Jumlah pelayat yang diizinkan mendekati makam sangat dibatasi.

SuaraJakarta.id - Tata cara melayat jenazah pasien Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum/TPU khusus Covid-19 berbeda dengan pemakaman pada umumnya. Terdapat sejumlah protokol kesehatan yang harus ditaati para pelayat.

Kepala Satuan Pelaksana TPU Zona 20 Kecamatan Cipayung, Koko menuturkan, jumlah pelayat yang diizinkan mendekati makam sangat dibatasi.

“Sekitar empat sampai lima orang” ujarnya saat ditemui Suara.com di TPU Bambu Apus, Cipayung,Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Koko pun menuturkan, seperti di TPU Bambu Apus, saat ambulans tiba akan di arahkan ke titik penurunan jenazah. Kemudian diangkut menggunakan gerobak menuju liang lahat yang sudah digali sebelumnya.

Baca Juga: Daya Tampung TPU Bambu Apus Buat Pemakaman Covid-19 Makin Berkurang

Saat jenazah diturunkan ke liang lahat, tidak boleh satu orangpun selain petugas yang diizinkan mendekat. Namun, saat jenazah telah diturunkan, anggota keluarga baru boleh diizinkan mendekat, itu jumlahnya hanya satu orang untuk adzan.

“Dipanggil anggota keluarganya satu orang masuk untuk adzan,” ujar Koko.

Kemudian usai diadzakan, makam akan langsung ditimbun dengan tanah. Setelahnya, para anggota keluarga dengan jumlah yang terbatas diizinkan mendekat.

“Mereka juga tidak boleh berlama-lama, harus segera meninggalkan lokasi setelah selesai menabur bunga dan mendoakan,” jelas Koko.

Terakhir saat hendak meninggalkan lokasi pemakaman, para anggota keluarga yang baru saja melayat akan disemprot disinfektan oleh petugas di pintu keluar.

Baca Juga: Viral Petugas Rampas Ponsel Saat Evakuasi Jenazah, Warganet Ungkap Detik 35

“Setelah itu baru ada penyemprotan disinfektan,” tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait