alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BMKG: Hilal Terlihat di Pantai Ancol Antara Pukul 17.52-18.10 WIB

Pebriansyah Ariefana Senin, 12 April 2021 | 17:34 WIB

BMKG: Hilal Terlihat di Pantai Ancol Antara Pukul 17.52-18.10 WIB
ILUSTRASI Hilal (BMKG)

BMKG pantau hilal lewat melaksanakan rukyat hilal Ramadhan 1442 Hijriyah di Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin petang.

SuaraJakarta.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atua BMKG menyatakan hilal terlihat di Pantai Ancol antara pukul 17.52-18.10 WIB. Jika terlihat, maka Selasa (12/4/2021) besok mulai puasa Ramadhan.

BMKG pantau hilal lewat melaksanakan rukyat hilal Ramadhan 1442 Hijriyah di Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin petang.

Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Hendra Suwarta Suprihatin mengatakan belasan personel tim pemantau hilal BMKG ada di lokasi guna melakukan proses rukyat hilal tersebut.

“Di Pusat cuma di sini (Ancol) saja, selain itu kita juga ada 28 lokasi di seluruh Indonesia,” kata Hendra saat ditemui ANTARA di Jakarta.

Baca Juga: Anies Izinkan Restoran Layani Sahur dan Buka Puasa, Begini Ketentuannya

Sebagian personel tim pemantau hilal menyiapkan lensa teleskop komputeris jenis Vixen VC dengan diameter 200 milimeter bukaan lensa Sphinx SXD di dermaga Ancol. Personel lain membantu menyiapkan aplikasi pemantau citra astronomi (Astro Photography Tool) di laptop.
Kemudian untuk "live streaming" menggunakan OBS Studio yang dapat dilihat di situs bmkg.go.id/hilal.

Semua personel menggunakan masker dan menjaga jarak sesuai protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

Teleskop kemudian siap digunakan memantau matahari sekitar pukul 16.30 WIB. Kemudian pemantauan terus dilakukan hingga matahari terbenam sampai 17 menit hingga muncul bulan baru.

"Hilal baru terlihat sekitar pukul 17.52 dan bulan terbenam pukul 18.10 WIB. Kita hanya punya harapan 17 menit untuk melihat hilal," kata Subkoordinator Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Suaidi Ahad di lokasi.

Dalam pemantauan ini hadir pula Deputi Bidang Geofisika Muhammad Sadly, Subbkoordinator Pelayanan Informasi Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Himawan Widyanto beserta Tim Pemantau Hilal BMKG. (Antara)

Baca Juga: Hilal Tidak Tampak di Kota Makassar, Ini Alasan BMKG

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait