alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Uji Coba Lintasan Road Bike Sudirman-Thamrin Disatukan dengan Pemotor

Bangun Santoso | Fakhri Fuadi Muflih Minggu, 06 Juni 2021 | 13:08 WIB

Uji Coba Lintasan Road Bike Sudirman-Thamrin Disatukan dengan Pemotor
Ilustrasi pesepeda melintasi jalur khusus sepeda di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Sabtu (5/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Uji coba jalur untuk sepeda berkecepatan tinggi itu dilakukan mulai pukul 05.00 hingga 6.30 WIB selama Senin-Jumat pekan depan

SuaraJakarta.id - Pemprov DKI Jakarta memulai uji coba lintasan sepeda khusus road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat mulai Senin, (6/7/2021) besok. Nantinya lintasan sepeda itu akan disatukan dengan lajur sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya tak memisahkan jalur road bike dengan motor. Tidak dibuat pembatas antara kedua kendaraan itu karena berada di satu jalur.

Uji coba jalur untuk sepeda berkecepatan tinggi itu dilakukan mulai pukul 05.00 hingga 6.30 WIB selama Senin-Jumat pekan depan.

"Untuk uji coba lintasan road bike di Sudirman-Thamrin pada saat uji coba tidak dilakukan penambahan pemisah lajur," ujar Syafrin di kawasan Karet, Jakarta Pusat Minggu (6/6/2021).

Baca Juga: Diuji Coba Besok, Pemprov DKI Buat Jalur Road Bike Khusus di Sudirman-Thamrin

Meski dicampur dengan motor, pesepeda road bike akan diminta menggunakan lajur paling kiri. Mereka akan diarahkan petugas agar tak menggunakan jalur kanan untuk kendaraan bermotor.

Dengan pengawasan yang ketat, diharapkan jalur road bike ini tidak semrawut.

"Jadi diarahkan seluruh penggiat road bike menggunakan lajur paling kiri," ujarnya.

Namun kebijakan ini berarti Syafrin telah menyalahi ucapan sebelumnya soal bahaya mencampur kendaraan bermotor dengan road bike. Menurutnya harus ada pemisahan demi menghindari kecelakaan.

Hal ini ia katakan saat ditanya mengapa mengizinkan sepeda road bike melintas di Jalan Layan Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang.

Baca Juga: Beberkan Jalur Road Bike Sebelum Ada Kepgub, Wagub DKI Bantah Disindir Anies

"Sebagaimana yang kita ketahui sebelum ada lintasan ini para penggiat sepeda, khususnya road bikers ini itu mereka beraktivitas di ruang lalu lintas dengan kecepatan tinggi bersama dengan kendaraan bermotor, sehingga aspek keselamatan dan keamanan terabaikan," tutur Syafrin dua pekan lalu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait