facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Situs PPDB DKI Sempat Gangguan, Ini 2 Temuan Ombudsman Jakarta

Rizki Nurmansyah Senin, 07 Juni 2021 | 15:14 WIB

Situs PPDB DKI Sempat Gangguan, Ini 2 Temuan Ombudsman Jakarta
Petugas melayani orang tua siswa dan calon siswa di posko Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jakarta di SMK Negeri 15, Jakarta, Kamis (25/6). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Gangguan di server situs PPDB Jakarta dipicu laju orang yang mengakses atau tratfic pendaftaran yang terlampau penuh.

SuaraJakarta.id - Sejumlah orang tua siswa mengeluhkan situs PPBD DKI Jakarta yang mengalami gangguan. Diketahui masa Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 telah dibuka hari ini, Senin (7/6/2021).

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengaku memantau pelaksanaan PPDB Jakarta hari pertama ini. Ia mendapati situs milik Dinas Pendidikan DKI Jakarta ppbd.jakarta.go.id beberapa kali mengalami gangguan.

Teguh menilai gangguan di server situs PPDB Jakarta dipicu laju orang yang mengakses atau tratfic pendaftaran yang terlampau penuh. Ia pun menilai adanya ketidaksiapan Dinas Pendidikan menangani hal ini.

"Sistem enggak siap," ujar Teguh saat dikonfirmasi, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Lengkap! Jadwal, Syarat, dan Tahapan Pendaftaran PPDB Jakarta Tahun 2021

Tak hanya itu, selama proses pendaftaran PPDB Jakarta hari ini, pihaknya telah menemukan sejumlah masalah selain urusan server. Salah satunya adalah sistem jaringan yang tidak mendukung.

Namun masalah ini disebutnya bukan hal baru sebab dalam dua tahun terakhir terjadi gangguan serupa.

"Sudah ada dua temuan yang paling menonjol, pertama kemampuan server dalam mengatasi tingginya traffic pendaftaran sehingga orang tua mengalami kesulitan untuk mengakses laman pendaftaran dan pastinya bukan karena leletnya internet dari pihak orang tua karena infrastruktur internet Jakarta sangat memadai," ucapnya.

Ia juga menyebut pihaknya sudah mulai menerima keluhan dari orang tua/wali murid. Kebanyakan dari mereka, disebut Teguh, mengadu soal kolom asal sekolah di laman ppdb.jakarta.go.id yang sulit dicari.

"Ada keluhan dari orang tua siswa terkait kolom asal sekolah yang tidak kunjung muncul," tuturnya.

Baca Juga: 10 SMA Terbaik di Jakarta Barat untuk PPDB DKI Jakarta 2021, Kebanyakan Sekolah Kristen

Karena itu, ia meminta agar Dinas Pendidikan DKI Jakarta segera menyiapkan jalan keluar dari masalah ini. Ia tak ingin jalannya PPDB Jakarta jadi terganggu dan apalagi membebani orang tua.

"Disdik DKI harus segera menyiapkan mitigasi agar problem ini bisa segera diantisipasi," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait