alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banyak Perbedaan, Sosok Kresno Mulyadi Kembaran Kak Seto yang Jarang Diketahui Orang

Rizki Nurmansyah Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:48 WIB

Banyak Perbedaan, Sosok Kresno Mulyadi Kembaran Kak Seto yang Jarang Diketahui Orang
Kresno Mulyadi, saudara kembar Kak Seto atau Seto Mulyadi, saat ditemui SuaraJakarta.id beberapa waktu lalu. [Suara.com/Wivy Hikmatullah]

Selisih waktu lahir Kak Seto dan Kresno Mulyadi hanya 15 menit.

SuaraJakarta.id - Nama Seto Mulyadi atau Kak Seto tentunya sudah tak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya. Ya, Kak Seto merupakan sosok pemerhati anak yang kerap muncul jadi narasumber terkait permasalahan tentang anak.

Namun tahukah Anda bila Kak Seto ternyata memiliki saudara kembar? Namanya adalah Kresno Mulyadi. Sosok Kresno Mulyadi memang tidak begitu sefamiliar saudara kembarnya, Kak Seto.

Namun keduanya memiliki bidang yang sama, yakni terkait permasalahan anak. Jika Kak Seto aktif sebagai psikolog, Kresno sebagai psikiater yang fokus pada anak-anak berkebutuhan khusus. Terutama autisme.

SuaraJakarta.id berkesempatan bertemu dan berbincang dengan kembaran Kak Seto itu beberapa waktu lalu. Sekilas, perawakannya memang mirip dengan Kak Seto.

Baca Juga: Kak Seto: Masyarakat Harus Lebih Peduli Anak Selama Pandemi

Ditambah dengan gaya rambut berponi ke kiri dan berkacamata, bisa mengecoh bahwa beliau adalah Kak Seto sesungguhnya.

Bukan Kembar Identik

Kresno bercerita, diantara keduanya, Kak Seto yang lahir lebih dulu pada 28 Agustus 1951. Tapi, hal itu tak jadi acuan menentukan siapa yang kakak dan adik. Pasalnya, keduanya sama-sama mengaku sebagai kakak dari versinya masing-masing.

Kresno dianggap sebagai kakaknya karena dia lahir setelah Kak Seto. Hal itu berdasarkan budaya Jawa, dimana memiliki filosofi bahwa anak kembar yang lahir belakangan  mengalah untuk membantu adiknya keluar. Selisih waktu lahir keduanya hanya 15 menit.

"Soal siapa kakaknya tergantung siapa yang ditanya. Kalau dia (Seto) yang ditanya, dia bilang dia kakaknya, karena dia lahir dulu. Kalau saya yang ditanya, saya kakaknya karena filosofi orang Jawa, Jawa Tengah," kata Kresno mulai bercerita.

Baca Juga: Lindungi Anak di Masa Pandemi, Kak Seto Ajak Tetangga, Om, dan Tante untuk Peduli

Meski sekilas tampak mirip, tapi mereka ternyata bukan kembar identik dan memiliki berbagai perbedaan. Menurutnya, yang membuat mereka sangat mirip karena keakraban keduanya dari sejak kecil hingga SMA.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait