facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasca Dikumpulkan Anies, PDIP Yakin Ada Anggota 7 Fraksi Penolak Interpelasi Membelot

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Selasa, 31 Agustus 2021 | 17:19 WIB

Pasca Dikumpulkan Anies, PDIP Yakin Ada Anggota 7 Fraksi Penolak Interpelasi Membelot
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono. (Suara.com/Yasir)

Yakin haqqul yakin teman-teman 25 anggota dewan ini bisa mempengaruhi yang lain, ujar Gembong.

SuaraJakarta.id - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta tak mau menyerah meski tujuh fraksi penolak interpelasi sudah dikumpulkan Gubernur Anies Baswedan. Beberapa anggota fraksi yang sudah makan malam bersama Anies itu diyakini bakal membelot.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan interpelasi ini merupakan kewenangan anggota dewan. Karena itu yang diperlukan adalah meyakinkan tiap anggota fraksi lain.

"Ini kan soal hati nurani, panggilan hati nurani. Jadi panggilan orang yang paling dalam. Ini soal panggilan nurani, yakin haqqul yakin teman-teman 25 anggota dewan ini bisa mempengaruhi yang lain," ujar Gembong di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (31/8/2021).

Gembong sendiri nantinya akan melakukan lobi-lobi politik kepada sesama pimpinan fraksi dan anggotanya kepada dewan lain. Ia yakin akan ada yang keluar dari koalisi pendukung Anies dan membelot mendukung interpelasi.

Baca Juga: Anies Kumpulkan 7 Fraksi, PDIP: Interpelasi Bukan untuk Ditakuti

"Apalagi bu Merry kalau sudah bicara hak pertanya yang notabene mau menyelamatkan uang rakyat Jakarta haqul yakin," katanya.

Kendati demikian, ia tak mematok kapan paripurna interpelasi ini akan dijalankan. Menurutnya setelah lobi-lobi dilakukan, lalu berjalan prosesnya di DPRD, akan semakin cepat agenda pemanggilan Anies dilakukan.

"Kalau bisa cepat kenapa mesti kita lama-lamain. Gitu saja. Saya punya keyakinan kuat," pungkasnya.

Saat ini terhitung sudah ada 74 anggota DPRD yang menolak interpelasi tergabung dalam tujuh fraksi. Mereka sudah dikumpulkan Anies di rumah dinasnya beberapa waktu lalu.

Sementara yang mendukung interpelasi berjumlah 33 orang. Tujuh orang dari PSI dan 25 lainnya dari PDIP.

Baca Juga: Soal Spanduk Anies Baswedan for Presiden 2024 di JPO Slipi, Wagub DKI Bilang Begini

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait