alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tekan Kriminalitas, DPRD DKI Harap CCTV di Jakarta Diperbanyak di Titik Rawan

Rizki Nurmansyah Selasa, 23 November 2021 | 09:05 WIB

Tekan Kriminalitas, DPRD DKI Harap CCTV di Jakarta Diperbanyak di Titik Rawan
Ilustrasi CCTV.

Dalam penambahan CCTV perlu dilakukan analisis kebutuhan.

SuaraJakarta.id - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengatakan, Pemprov DKI Jakarta perlu memperbanyak kamera pemantau atau CCTV. Terutama di beberapa titik rawan Ibu Kota.

Menurut William, dengan diperbanyaknya CCTV di titik rawan kejahatan, dengan begitu tingkat kriminalitas dapat diminimalkan.

"Saya kira salah satu yang paling penting sebaran titiknya. Perlu diperbanyak terutama sifatnya untuk hal keamanan. Ke depannya CCTV harus fokus untuk manfaat keamanan dan memantau kondisi kota," katanya.

Meski demikian, William mengatakan, dalam penambahan CCTV perlu dilakukan analisis kebutuhan. Sehingga lokasi-lokasi yang dipilih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan warga Jakarta.

Baca Juga: Awasi Pembuang Sampah Sembarangan, Jembatan di Bondowoso Akan Dipasang CCTV

"Harus ada pemantauan dan analisis kebutuhan, misalnya, di tempat umum seperti pasar dan trotoar. Atau di tempat yang rawan kejahatan, itu bisa direkomendasikan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta Nasrullah mengharapkan CCTV di Jakarta juga terintegrasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini demi menciptakan kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Nasrullah menilai integrasi CCTV dengan SKPD seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), penting untuk direalisasikan oleh Diskominfotik DKI Jakarta.

"Makanya perlu ada integrasi yang terkoneksi dengan pihak lain," ujar Nasrullah, Senin (22/11/2021).

Apalagi ini sebagai pusat data yang nantinya memberikan informasi kepada pihak lain yang membutuhkan.

Baca Juga: Terekam CCTV, Maling Beraksi Cepat Sekali Embat Motor di Parkiran Pabrik Mojokerto

"Seperti info lalu lintas, banjir, kebakaran, hingga kriminal," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait