facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral, Emak-Emak Pengutil Emas di Pasar Cisoka Tangerang Dibekuk, Beraksi Pakai Pajero Sport

Rizki Nurmansyah Minggu, 24 April 2022 | 16:26 WIB

Viral, Emak-Emak Pengutil Emas di Pasar Cisoka Tangerang Dibekuk, Beraksi Pakai Pajero Sport
Petugas Polresta Tangerang meringkus tiga emak-emak pelaku pencurian emas di Pasar Cisoka. [Dok. Polisi]

Aksi pengutilan perhiasan di toko emas di Cisoka itu terjadi pada Selasa (12/4/2022). Sedikitnya, ada enam emak-emak yang beraksi.

SuaraJakarta.id - Sejumlah emak-emak sosialita kedapatan mengutil emas di salah satu toko di Pasar Cisoka, Kabupaten Tangerang. Bahkan, saat beraksi mereka memakai mobil jenis Mitsubishi Pajero Sport.

Aksi pengutilan perhiasan di toko emas di Cisoka itu terjadi pada Selasa (12/4/2022). Sedikitnya, ada enam emak-emak yang beraksi.

Kini tiga emak-emak yang beraksi itu telah diringkus Polresta Tangerang, yakni S (44) dan NA (27) merupakan warga Lampung. Sementara satu pelaku lainnya M (32) berasal dari Kota Palembang.

"Tiga tersangka kami amankan di kediamannya di Lampung dan Palembang," kata Kapolresta Tangerang AKBP Zain Dwi Nugroho, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga: Jadwal Salat dan Jadwal Buka Puasa Kota Tangerang, Minggu 24 April 2022

Zain menerangkan, para pelaku pengutil perhiasan toko emas itu beraksi secara bergantian. Dua orang pertama mendatangi dan bertanya harga, sementara pelaku lainnya menyusul.

Mereka berbagi tugas untuk membuat para pekerja di toko emas tersebut sibuk dan lengah dengan bertanya mencari kalung emas untuk anak-anak.

"Mereka ada yang pura-pura bertanya soal harga sedangkan pelaku lainnya mengutil emas di etalase," terang Zain.

"Pelaku berhasil mengutil 7 buah kalung emas Singapur 22 karat seberat 48 gram senilai sekitar Rp 22 juta," sambung Zain.

Usai berhasil menggasak emas, para pelaku kemudian kabur menggunakan mobil Pajero Sport dengan nomor Polisi BE 54 NTI.

Baca Juga: Jadwal Salat dan Jadwal Buka Puasa Kabupaten Tangerang, Minggu 24 April 2022

Saat mobil kabur, terekam di salah satu kamera CCTV di Pasar Cisoka. Berkat rekaman CCTV yang juga viral tersebut, petugas berhasil mengidentifikasi dan menemukan mobil yang digunakan tersangka.

Selain ketiga emak-emak yang diamankan, polisi juga mengamankan 2 tersangka pria yakni RD (27) dan FR (48). Keduanya diamankan terlibat dalam kelompok emak-emak pengutil emas itu.

"Ada sejumlah pelaku lain yang masih kita kejar. Sementara tersangka yang diamankan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara," pungkas Zain.

Kontributor : Wivy Hikmatullah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait