facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Dapat Persetujuan DPRD, Wagub DKI Klaim Sudah Uji Coba Tarif Integrasi Transportasi Jakarta

Chandra Iswinarno | Fakhri Fuadi Muflih Selasa, 17 Mei 2022 | 12:57 WIB

Belum Dapat Persetujuan DPRD, Wagub DKI Klaim Sudah Uji Coba Tarif Integrasi Transportasi Jakarta
Bus Trans Jakarta di Terminal Kalideres Jakarta, Minggu (8/5/2022). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim, pihaknya sudah melakukan uji coba tarif integrasi transportasi.

SuaraJakarta.id - Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim, pihaknya sudah melakukan uji coba tarif integrasi transportasi. Padahal, kebijakan ini belum mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI.

Pemprov DKI saat ini masih menunggu keputusan dari DPRD mengenai penganggaran untuk subsidi tarif integrasi transportasi. Pemprov mengajukan pemberian tarif Rp10 ribu untuk penggunaan tiga moda transportasi, yakni TransJakarta, MRT, dan LRT dengan sejumlah ketentuan.

"Tarif integrasi sudah diujicobakan di beberapa koridor," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Tak hanya itu, Riza juga mengatakan nantinya kebijakan ini akan segera diberlakukan. Namun, ia tak merinci kapan pastinya tarif integrasi transportasi akan bisa diterapkan secara resmi.

Baca Juga: Penetapan Tarif Integrasi Transportasi Jakarta Belum Jelas, DPRD DKI Gelar Rapat usai Anies Pulang dari Eropa

"Nanti segera diberlakukan. Pada waktunya akan diumumkan," pungkas Riza.

Terpisah, Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga mengatakan memang sampai rapat terakhir pada 23 Maret lalu, pihaknya belum memberikan persetujuan. Rencananya, pekan depan pembahasan akan kembali dimulai.

"Tarif integrasi belum ada putusan. Kan pembahasan kemarin hanya itu. Setelah itu, belum ada pembahasan. Mungkin, minggu depan kita lanjutkan pembahasan ini," ujar Pandapotan saat dihubungi, Selasa, (17/5/2022).

Pandapotan juga menyebut alasannya belum melanjutkan rapat karena menunggu Gubernur Anies Baswedan keliling Eropa. Apalagi, salah satu agenda Anies ke luar negeri adalah membahas soal transportasi.

"Mungkin (Anies ke Eropa) itu salah satu upaya dia meyakinkan kita. Nanti kami akan rapat lagi," tuturnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Usulkan Tarif Integrasi Transportasi Jakarta Rp10 Ribu

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulkan tarif integrasi antarmoda transportasi di Jakarta yang terdiri dari moda TransJakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta melalui JakLingko senilai Rp10.000 dengan tarif per moda yang ada saat ini masih tetap berlaku.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait