Kenang Eks Wamen PU Hermanto Dardak, Ayah Wagub Jatim Emil Dardak, Ketum PII: Saya Sangat Kehilangan

Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di ruas tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu (20/8).

Rizki Nurmansyah
Sabtu, 20 Agustus 2022 | 11:57 WIB
Kenang Eks Wamen PU Hermanto Dardak, Ayah Wagub Jatim Emil Dardak, Ketum PII: Saya Sangat Kehilangan
Mantan Wamen PU Hermanto Dardak, ayah Wagub Jatim Emil Dardak, meninggal dunia dalam kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Sabtu (20/8/2022) dini hari. [Dok Kementerian PUPR]

SuaraJakarta.id - Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Danis Hidayat Sumadilaga mengenang sosok Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) periode 2010-2014 almarhum Hermanto Dardak yang meninggal kecelakaan dini hari tadi.

Di mata Danis, ayah dari Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Dardak itu, merupakan sosok aktif di dalam PII dan pribadi yang baik.

"Beliau selalu ikut serta dan aktif dalam PII sesuai dengan tugas-tugasnya. Intinya saya sangat kehilangan beliau. Almarhum merupakan orang yang baik," ujar Danis, Sabtu (20/8/2022).

Danis menerangkan, Hermanto Dardak merupakan Ketua Umum PII periode 2015-2018. Almarhum juga merupakan dewan pengarah di PII, serta kecintaan dan dedikasi beliau kepada organisasi sangat luar biasa.

Baca Juga:Profil Achmad Hermanto Dardak 'Pahlawan Pembangunan' Bergelar Bintang Mahaputera Utama

"Kita sangat berduka dan kehilangan atas wafatnya bapak Hermanto Dardak," katanya.

Danis juga menyampaikan bahwa saat ini jenazah Almarhum dalam perjalanan dari Pekalongan menuju rumah duka di Jakarta Timur. Almarhum Hermanto Dardak rencananya akan disemayamkan di rumah duka di Jl. Swakarsa V No. 28, Komp. Bina Marga II, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Wamen PU) periode 2010-2014 Hermanto Dardak meninggal dunia akibat kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu (20/8).

Kondisi mobil yang ditumpangi ayah Wagub Jatim setelah terlibat kecelakaan maut terjadi di ruas Tol Pemalang-Batang, Sabtu (20/8/2022). [Dok Humas Polda Jateng]
Kondisi mobil yang ditumpangi ayah Wagub Jatim setelah terlibat kecelakaan maut terjadi di ruas Tol Pemalang-Batang, Sabtu (20/8/2022). [Dok Humas Polda Jateng]

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU. Pada tahun 2014, ia menjadi orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan paling bergengsi dunia di bidang pembangunan jalan (Road Sector), yaitu International Road Federation (IRF) Professional of the Year.

Penghargaan tersebut telah menganugerahi figur terkemuka, profesional di sektor swasta dan pendidikan yang memiliki track record yang luar biasa berdasarkan kepemimpinan dan komitmen untuk industri transportasi jalan.

Baca Juga:Meninggal Kecelakaan, Ayah Wagub Jatim Emil Dardak Rencananya Dimakamkan di TMP Kalibata

Selama bertahun-tahun, penghargaan tersebut telah mengakui beberapa pemimpin di bidang transportasi yang paling berpengaruh di dunia untuk apa yang telah dilakukan di bidang advokasi, kebijakan, penelitian dan program pendidikan untuk mendukung jaringan jalan yang lebih baik, lebih aman dan lebih berkelanjutan secara global.

News

Terkini

TGIPF akan merekomendasikan penjatuhan sanksi bagi pihak-pihak yang melakukan pelanggaran pada pertandingan antara Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

News | 21:24 WIB

Para pelaku UMKM bisa mengajukan produknya untuk dijual di tempat ini.

News | 21:14 WIB

"Pada urutan kedua, Marullah Matali mendapat apresiasi sebesar 33,2 persen," kata Direktur Eksekutif Indomatrik Husin Yazid.

News | 20:28 WIB

Berdasar hasil pemeriksaan penyidik terhadap Lesti selaku pelapor, Rizky Billar bukan sekali atau dua kali melakukan dugaan KDRT.

Lifestyle | 20:12 WIB

Dalam video berdurasi 34 detik itu terlihat duo bandit tengah melakukan pencurian sepeda motor.

News | 19:46 WIB

Permasalahan sistem baru integrasi transportasi TransJakarta masih terjadi. Kali ini, setelah diterapkan aturan wajib tap in-tap out, saldo di kartu e-money terpotong dua kali

News | 19:07 WIB

Sopir truk juga terekam memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

News | 18:53 WIB

Kedua tersangka tersebut merupakan pengangguran. Mereka mengaku baru kali pertama melakukan penjambretan.

News | 18:17 WIB

Banjir kemarin terjadi sekira pukul 4 sore, setelah sebelumya hujan dengan deras mengguyur wilayah tersebut.

News | 17:17 WIB

Saat video call, wanita tersebut meminta H untuk melakukan adegan seksual.

News | 17:04 WIB

Sekarang kita mengedepankan sebuah model pengolahan sampah terpadu untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA, ujar Anies.

News | 16:53 WIB

Tapi kalau di belakang, lebih dalam airnya, karena tanahnya lebih rendah. Terendam air banjir 80 sentimeter," kata Ibu Herman kepadaSuara.com

News | 15:48 WIB

Selain dihujat, Baim dan Paula juga resmi dilaporkan ke polisi.

Lifestyle | 15:27 WIB

Ferdy Sambo juga berdalih harus membunuh Brigadir J lantaran rasa cinta kepada istrinya Putri Candrawathi.

News | 15:16 WIB

Ade menyebut korban sempat dievakuasi ke rumah sakit terdekat.

News | 14:43 WIB
Tampilkan lebih banyak