Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Katulampa Siaga 1, BPBD Bogor: Warga di Bantaran Ciliwung Segera Mengungsi

Rizki Nurmansyah Senin, 21 September 2020 | 20:30 WIB

Katulampa Siaga 1, BPBD Bogor: Warga di Bantaran Ciliwung Segera Mengungsi
Kondisi air di Bendungan Katulampa Bogor, Jawa Barat saat ini, Senin (21/9/2020). [Dok. Katulampa]

Pergerakan air dari hulu Sungai Ciliwung Bogor ini sangat kencang sampai membuat Jembatan Situ Duit bergetar akibat terbentur batu.

SuaraJakarta.id - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor, Priyatna Syamsah mengimbau seluruh masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar segera mengungsi.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari BPBD yang mendapatkan informasi bahwa pergerakan air di Sungai Ciliwung sangat cepat.

Apalagi saat ini di Bendungan Katulampa siaga satu.

"Bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar segera mengungsi," ujarnya ketika ditemui saat memantau Jembatan Situ Duit, Jambu Dua, Bogor Jawa Barat, Senin (21/9/2020) malam.

Menurutnya, pergerakan air dari hulu Sungai Ciliwung Bogor ini sangat kencang sampai membuat Jembatan Situ Duit bergetar akibat terbentur batu.

"Dari 170 centimeter, sekarang sudah di angka 250 cm. Jadi kami semua turun ke beberapa titik," katanya.

Saat ini, kata Priyatna, anggota BPBD Bogor sudah disiagakan di 13 titik yang memang wilayahnya rawan dilalui air luapan sehingga membuat banjir.

"Yang sudah mulai terendam di Kampung Bebek, mulai masuk air. Personil juga ada yang ke Sempur, di sini juga kita pelatarannya sudah mulai tergenang air," jelasnya.

Ia menambahkan, jika air di Sungai Ciliwung ini terus meninggi maka pihaknya akan melakukan penutupan di Jembatan Situ Duit.

"Kemungkinan akan ditutup juga kalau samapai ini meluap. Nunggu perkembangan lebih lanjut lagi, tapi saat ini masih aman," tukasnya.

Kontributor : Andi Ahmad Sulaendi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait