alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bima Arya Pastikan Kota Bogor Siap Jadi Tempat Uji Coba Vaksin Covid-19

M. Reza Sulaiman Senin, 05 Oktober 2020 | 02:05 WIB

Bima Arya Pastikan Kota Bogor Siap Jadi Tempat Uji Coba Vaksin Covid-19
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. (Suara.com/Andri)

Wali Kota Bogor mengaku siap menjadikan Bogor sebagai salah satu tempat uji coba vaksin Covid-19.

SuaraJakarta.id - Wali Kota Bogor mengaku siap menjadikan Bogor sebagai salah satu tempat uji coba vaksin Covid-19.

Bima mengatakan, rencananya uji coba akan dilakukan oleh pemerintah pusat awal tahun depan.

"Informasinya, kemungkinan Januari atau Februari 2021," kata Bima Arya di sela kegiatannya memantau pelaksanaan simulasi ujicoba vaksinasi Covid-19, di Puskesmas Tanah Sareal, Jalan Kesehatan, Kota Bogor, Minggu (4/10/2020).

Pemerintah Kota Bogor menyiapkan Puskesmas Tanah Saeral yang lokasinya bersebelahan dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, untuk tempat ujicoba vaksinasi Covid-19 tersebut.

Menurut Bima Arya, bagi Pemerintah Kota Bogor, yang utama adalah memastikan kesiapan tempatnya dan memastikan semua protokol kesehatan dipenuhi, termasuk menghitung berapa jumlah pasien yang akan menjalani vaksinasi agar persyaratan protokol kesehatan terpenuhi.

Pada kesiapan pelaksanaan ujicoba vaksinasi tersebut, Bima Arya juga memastikan, tenaga kesehatan di Kota Bogor sudah siap, serta sistem alur pelaksanaan ujicoba vaksinasi sudah siap.

Sistem alur yang dimaksudkan Bima Arya adalah, prosedur dan tatalaksana dari orang yang akan menjalani ujicoba vaksinasi mulai sejak datang ke Puskesmas, pelaksanaan vaksinasi, hingga pasca-vaksinasi.

"Kami akan siapkan jalur emergency dan ambulans," katanya.

Bima menjelaskan orang yang menjalani ujicoba vaksinasi, setelah divaksinasi, diminta duduk dulu sekitar 30 menit di ruangan yang disiapkan sambil diberikan sosialiasi sekaligus melihat reaksinya.

"Jika dalam waktu 30 menit tidak ada gejala apa-apa maka dipersilakan pulang, tapi jika dalam waktu 30 menit mengalami gejala atau kejadian ikutan pasca-vaksinasi disiapkan jalur khusus untuk dibawa ke rumah sakit. Disiapkan mobil ambulans juga," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait