alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Pemilik Suara, Demokrat Sebut Peserta KLB Diberi Ongkos Asal Hadir

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah Jum'at, 05 Maret 2021 | 10:41 WIB

Bukan Pemilik Suara, Demokrat Sebut Peserta KLB Diberi Ongkos Asal Hadir
Suasana persiapan ruang untuk KLB Partai Demokrat di salah satu hotel yang ada di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang pada Kamis (4/3/2021) malam. [Istimewa]

"Banyak bukti dan pengakuan dari kader yang bukan pemilik suara, yang ditawarkan insentif money politics asalkan bersedia hadir..."

SuaraJakarta.id - Internal Partai Demokrat sedang memanas karena adanya pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Jumat (5/3/2021) hari ini. 

Terkait hal itu, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan KLB yang disebut dihadiri 1.200 peserta tak memiliki hak suara. Sebab, Herzaki mengatakan orang-orang yang menjadi peserta KLB itu hanya mantan kader yang diberikan intensif untuk meramaikan acara tersebut. 

"Peserta Kongres yang diklaim sudah 1.200 orang itu bukanlah pemilik suara sah. Banyak bukti dan pengakuan dari kader yang bukan pemilik suara, yang ditawarkan insentif money politics asalkan bersedia hadir, dan akan dianggap mewakili kab/kota/provinsi itu," kata Herzaky dalam keterangannya, Jumat (5/3/2021).

Dia pun mengatakan, panitia KLB adalah kader-kader yang sudah dipecat dari kepengurusan Partai Demokrat. Menurutnya, jika KLB itu digelar di luar dari ageneda resmi partainya. 

Baca Juga: AHY Mau Digulingkan, Annisa Pohan Koar-Koar Minta Twitter Andi Arief Dibuka

"Panitia pelaksana Kongres pun yang diketahui dipimpin oleh mantan kader yang diberhentikan tetap dengan tidak hormat, sama sekali tidak berhak meminta, mengusulkan, apalagi melaksanakan Kongres Luar Biasa berdasarkan AD/ART Partai Demokrat yang sudah disahkan di Kemenhukham berdasarkan Kongres yang sah di tahun 2020," uhar Herzaky.

Sebelumnya, mantan Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat, Darmizal, mengalu bahwa pelaksanaan kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat akan dilaksanakan mulai hari ini.

Dia mengklaim ada sebanyak 1.200 orang yang bakal hadir. Adapun 1.200 peserta itu terdiri dari mereka para undangan di DPC dan DPD seluruh Indonesia.

"(Insya Allah) KLB dilaksanakan pada Jum'at siang (5 Maret 2021). Peserta yang sudah menyatakan siap hadir sebanyak 1.200 orang. Terdiri DPC, DPD, Organisasi Sayap dan semua tamu undangan," kata Darmizal dalam keterangan tertulis yang dilihat, Jumat (5/3/2021).

Darmizal mengaku optimis bahwa pelaksanaan KLB di Deli Serdang, Sumatra Utara itu akan memilih dan menetapkan ketua umum baru, sebagai pengganti Agus Harimurti Yudhoyono. Ia mengklaim banyak harapan dari kader agar ketua umum baru dapat membawa kembali kejayaan Partai Demokrat. 

Baca Juga: Loyalis AHY Merapat ke Bandara Kualanamu, Marzuki Alie Mulai Dilabrak

"Insya Allah di bawah pimpinan ketum baru, PD akan menjadi pemenang Pemilu 2024, dengan target perolehan suara di atas 25 persen," ujar Darmizal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait