alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Doa yang Dianjurkan Dibaca di Malam Lailatul Qadar

Rizki Nurmansyah Sabtu, 08 Mei 2021 | 15:06 WIB

Ini Doa yang Dianjurkan Dibaca di Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi berdoa di malam Lailatul Qadar.

Untuk meraih keutamaan Malam Lailatul Qadar ini dianjurkan untuk memperbanyak i'tikaf di masjid.

SuaraJakarta.id - Kapan datangnya malam Lailatul Qadar? Tak satupun manusia yang mengetahuinya, hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

Namun Baginda Nabi Besar Muhammad SAW telah memberikan indikator bahwa malam Lailatul Qadar ada di satu malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

Ada apa memangnya dengan malam Lailatul Qadar? Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia dan lebih agung daripada seribu bulan.

Hal itu ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al Quran surat Al-Qadr.

Baca Juga: Malam Lailatul Qadar, Makam Sunan Ampel Dibanjiri Warga

Dalam surat itu dijelaskan, bahwa semua malaikat beserta malaikat Jibril AS turun ke bumi atas perintah Allah dengan membawa segala kebaikan. Terlebih istimewa, ada keselamatan pada malam itu hingga pagi.

Dengan demikian, seperti dinukilkan dari buku berjudul "Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa" karya Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa, disebutkan bahwa nilai pahala beribadah di Malam Lailatul Qadar lebih baik ketimbang menjalankan ibadah selama seribu bulan.

Dikutip dari Ayojakarta.com—jaringan Suara.com—Sabtu (8/5/2021), tidak diketahui secara pasti kapan terjadinya malam Lailatul Qadar.

Para ulama berbeda pendapat tentang waktu Lailatul Qadar. Sebagian ulama mengatakan bahwa lailatul qadar adalah misteri yang hanya Allah SWT yang mengetahui.

Sementara sebagian ulama lain ada yang berpendapat bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Hamil, Krisdayanti Singgung Kemuliaan Lailatul Qadar

Hal ini merujuk pada sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Aisyah RA.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait