alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diresmikan Jokowi, Rusun Pasar Rumput Dilengkapi Kios Pasar

Rizki Nurmansyah | Ummi Hadyah Saleh Senin, 20 September 2021 | 13:42 WIB

Diresmikan Jokowi, Rusun Pasar Rumput Dilengkapi Kios Pasar
Tiga orang anak berjalan di kompleks Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Jumat (25/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Rusun Pasar Rumput yang dibangun dengan biaya Rp 970 miliar, menggunakan konsep mixed used development.

SuaraJakarta.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik rampungnya pembangunan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Jokowi menyebut dengan beroperasinya Rusun Pasar Rumput dapat membantu masyarakat memiliki hunian yang layak dan nyaman, dengan lokasi strategis untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Sebab, Rusun Pasar Rumput bukan saja menyediakan hunian bagi warga. Tapi juga dilengkapi ratusan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial.

"Keberadaan rusun ini semoga dapat meringankan beban masyarakat khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman dan terjangkau dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat kita," kata Jokowi dalam peresmian Rusun Pasar Rumput, Senin (20/9/2021).

"Saya juga senang mendengar bahwa rusun ini juga nantinya bisa menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak program normalisasi sungai bagi penanganan banjir," sambungnya.

Baca Juga: Diresmikan Hari Ini, Jokowi Sebut Rumah Susun Pasar Rumput Istimewa

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan Rusun Pasar Rumput yang dibangun dengan biaya Rp 970 miliar, menggunakan konsep mixed used development.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta. (Foto dok. BPMI)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta. (Foto dok. BPMI)

Yakni Rusun tersebut tak hanya sebagai hunian, namun dibangun di atas pasar dengan ratusan kios dan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap.

"Menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed used development yaitu tidak hanya Rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25. Tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap," ucap dia.

Rumah Susun Pasar Rumput atau Rusun Pasar Rumput jadi tempat isolasi pasien COVID-19.
Rusun Pasar Rumput.

Jokowi menyebut keberadaan pasar dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap, memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk melakukan aktivitas ekonomi. Yakni seperti berdagang dan menjalankan kegiatan ekonomi lainnya.

"Rusun Pasar Rumput ini juga istimewa karena juga didukung oleh jalur transportasi yang sangat baik terintegrasi dengan busway dan interkoneksi timur selatan menuju Dukuh Atas, memudahkan penghuninya untuk melakukan mobilitas," tutur Jokowi.

Baca Juga: Coldplay Ajak Jokowi Atasi Perubahan Iklim, Bumoon.io akan Ikut Turunkan Suhu Bumi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait