facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kronologi Bocah di Jakbar Meninggal Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Tubuh Menguning hingga Mata

Rizki Nurmansyah Kamis, 12 Mei 2022 | 19:22 WIB

Kronologi Bocah di Jakbar Meninggal Diduga Terjangkit Hepatitis Akut, Tubuh Menguning hingga Mata
Salah seorang anggota keluarga tengah menunjukkan foto A, bocah yang meninggal diduga akibat terjangkit hepatitis akut di Tamansari, Jakarta Barat, Kamis (12/5/2022). [Suara.com/Faqih Fathurrahman]

Titi sama sekali tidak menduga jika anaknya diduga terjangkit hepatitis akut.

SuaraJakarta.id - Seorang anak berinisial A (8) di Tamansari, Jakarta Barat (Jakbar), meninggal dunia diduga akibat terjangkit hepatitis akut pada Selasa (19/4/2022) lalu.

Ibu korban, Titi Nurhayati (27) mengatakan, almarhumah merupakan anak yang aktif. Hampir sebagian waktunya dihabiskan untuk bermain dengan anak sebayanya.

Titi sama sekali tidak menduga jika anaknya diduga terjangkit hepatitis akut. Ia menyebut seluruh tubuh sang anak menguning, bahkan hingga ke bagian mata.

"Seluruh badan (kuning). Termasuk mata juga, Itu benar-benar kayak kunyit ya,” ungkapnya ditemui di kediamannya, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Kasus Hepatitis Akut di Jakarta Bertambah, PSI Minta Pemprov DKI Awasi Ketat PTM

Sebagai orang awam, Titi tidak mengetahui kondisi itu merupakan hal yang berbahaya. Saat itu, Titi hanya membawa anaknya ke klinik terdekat.

Pihak klinik pun, lanjut Titi, hanya memberikan obat. Jika obat sudah habis namun kondisi anak belum juga membaik, pihak klinik menganjurkan agar anak Titi dibawa ke rumah sakit atau Puskesmas.

"Sudah saya sempat bawa ke klinik. Cuma disuruh obatnya diminum. Kalau misalnya BAB-nya kenceng masih kayak gini terus sampai (obat) habis, coba bawa ke rumah sakit untuk tes darah," ungkapnya.

Kondisi A tak kunjung membaik hingga obat yang diberikan pihak klinik habis. Akhirnya, Titi pun membawa sang anak ke Puskesmas. Saat itu, sang anak langsung dirujuk ke rumah sakit.

Saat itu, kata Titi, kondisi anaknya sudah benar-benar kronis. Ia melihat anaknya sudah sangat lemas tak berdaya.

Baca Juga: Bocah Perempuan di Tamansari Meninggal Terindikasi Hepatitis Akut, Sakit Sejak Awal April

"Cuma dua hari tiga malam. Sore masuk UGD malamnya ICU, kemudian gak ada (meninggal—red)," jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait