facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sirkuit Formula E di Ancol Tak Bisa Digunakan untuk Balapan F1, Ini Alasannya

Rizki Nurmansyah Kamis, 19 Mei 2022 | 20:02 WIB

Sirkuit Formula E di Ancol Tak Bisa Digunakan untuk Balapan F1, Ini Alasannya
Foto udara lintasan Sirkuit Formula E (Jakarta International E-Prix Circuit/JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Meski sirkuit Formula E berkategori Grade 3, JIEC Ancol sudah lolos kualifikasi untuk menyelenggarakan kejuaraan balap tingkat nasional

SuaraJakarta.id - Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta ePrix 2022, Irawan Sucahyono mengatakan, Sirkuit Formula E Jakarta di Ancol menggunakan sirkuit kelas (grade) 3. Sehingga tidak didesain untuk balap mobil grade 1 seperti Formula One (F1).

"Sirkuit Ancol ini Grade 3 ya, jadi semua kategori internasional yang Grade 3 bisa di sini," kata Irawan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Klasifikasi per kelas itu dibuat untuk mengukur kelayakan sirkuit untuk menggelar berbagai balapan bertaraf dunia, benua, ataupun nasional.

Menurut Irawan, meski sirkuit Formula E berkategori Grade 3, JIEC Ancol sudah lolos kualifikasi untuk menyelenggarakan kejuaraan balap tingkat nasional, seperti berbagai balapan yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca Juga: Ditarget Selesai Pekan Ketiga Mei, Penyelesaian Tahap Akhir Sirkuit Formula E Jakarta Dikebut

Namun, sebagai aset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, setiap rencana kegiatan balapan tingkat nasional yang dilaksanakan IMI di JIEC Ancol nantinya harus mendapat izin penyelenggaraan dari gubernur.

"Sementara ini JIEC Ancol untuk balapan mobil, kalau untuk (sepeda) motor harus dimodifikasi karena trek ini trek mobil. Kalau (sepeda) motor belum aman," kata Irawan. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait