facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Resmikan RTH Bio Trans, Anies: Terobosan Buat Jakarta Jadi Kota Lebih Ramah Lingkungan

Rizki Nurmansyah Jum'at, 17 Desember 2021 | 16:13 WIB

Resmikan RTH Bio Trans, Anies: Terobosan Buat Jakarta Jadi Kota Lebih Ramah Lingkungan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan RTH Bio Trans di Jalan Suprapto, Jakarta Pusat, Jumat (17/12/2021). [ANTARA/Mentari Dwi Gayati]

Anies menjelaskan, RTH Taman Bio Trans tidak hanya berfungsi menjadi taman terbuka.

SuaraJakarta.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan RTH Taman Bio Trans di Jalan Suprapto, Jakarta Pusat, Jumat (17/12/2021). Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini menjadi upaya Pemprov DKI Jakarta untuk mewujudkan kota ramah lingkungan.

Anies menjelaskan, RTH Taman Bio Trans tidak hanya berfungsi menjadi taman terbuka. Tapi juga berfungsi sebagai pengendali banjir ketika terjadi peningkatan volume air di saluran sungai.

"Ini sebuah terobosan untuk membuat Jakarta menjadi kota yang lebih ramah lingkungan. Sebuah kota yang pendekatan untuk penyelesaian masalah ruang terbuka hijau menggunakan prinsip yang ramah dengan lingkungan hidup," kata Anies.

Anies berharap RTH Bio Trans dapat membuat warga merasakan ruang yang dekat dengan alam.

Baca Juga: Anies: Forum RT/RW Garda Terdepan Tanggulangi COVID-19

Selain itu, RTH Bio Trans yang dibangun di atas bekas lahan SPBU ini menjadi contoh bagi wilayah kota administrasi lain dalam mewujudkan taman yang tidak hanya bermanfaat sebagai ruang terbuka untuk manusia, tapi juga pada keanekaragaman hayati.

"Bukan untuk manusianya, tapi juga tanaman, binatang, agar bisa tinggal di kota ini bersama-sama dalam ekosistem yang sehat," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marsitawati mengatakan, RTH Bio Trans dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta dengan total luas 2.500 meter persegi.

RTH Bio Trans terdiri dari ruang terbuka hijau seluas 1.483 meter persegi serta ruang terbuka biru seluas 522 meter persegi yang dapat menampung air hingga 3.000 meter kubik.

"Kegiatan Jumat menanam pohon ini diharapkan menciptakan ruang terbuka hijau yang berkualitas dengan kombinasi seimbang antara ekologi dan estetika kota, sehingga membuat kota Jakarta menjadi kota yang asri dan nyaman," kata dia.

Baca Juga: Omicron Masuk Jakarta Melalui WNA, Tangis Nia Ramadhani

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait