facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Batik Air Punya Fitur Check-In Mandiri dan Check-In Online, Yuk Ketahui Cara Penggunaannya

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Jum'at, 21 Januari 2022 | 13:22 WIB

Batik Air Punya Fitur Check-In Mandiri dan Check-In Online, Yuk Ketahui Cara Penggunaannya
Ilustrasi Chek-In online. (Envato)

Chek in hotel tidak berlaku bagi penumpang yang sedang hamil.

SuaraJakarta.id - Sebagai salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) di Indonesia, Batik Air tetap berusaha memberikan layanan terbaik untuk pelanggannya. Sejumlah fitur pun ditawarkan untuk menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk bisa dimaksimalkan semua pelanggan. Salah satu kemudahan tersebut adalah fitur check-in pra-penerbangan. Fitur ini ditawarkan yang memungkinkan pelanggan Batik Air tidak harus terburu-buru untuk bisa melakukan check-in tiket pesawat.

Selain itu, fasilitas check-in memungkinkan pelanggan untuk meminimalkan kontak dengan keramaian dan mengurangi antrian langsung di bandara. Fitur ini juga bisa memberikan pelanggan untuk memilih kursi yang diinginkan di dalam pesawat. Semua kemudahan tersebut diharapkan bisa memberikan pengalaman pra-penerbangan terbaik untuk pelanggan Batik Air, semudah mendapatkan informasi mengenai Railink Medan di Traveloka.

Saat ini, Batik Air menawarkan dua fitur check-in. Check-in pertama bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Batik Air, di https://batikair.com/id/. Untuk bisa mengetahui lebih jelas langkah-langkah melakukan check-in online melalui situs resmi Batik Air bisa dilihat di bawah ini:

  1. Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Batik Air dan memilih menu "Web Check-In".
  2. Setelahnya, Anda bisa memasukkan kode booking dari tiket yang sudah dibeli, memasukkan nama belakang Anda dan mengklik "Retrieve".
  3. Tampilan di layar berikutnya akan memunculkan tampilan mengenai barang berbahaya yang tidak boleh dibawa selama penerbangan di lakukan. Pastikan Anda tidak membawa barang-barang tersebut dan langsung klik "No, continue to check-in".
  4. Setelahnya, Anda bisa memberikan tanda centang pada bagian nama penumpang dan memilih kursi yang tersedia sesuai dengan keinginan. Kemudian, Anda bisa mengklik "Check-In".
  5. Jika semua syarat sudah dipenuhi, tampilan layar berikutnya akan menampilkan bahwa Anda telah berhasil melakukan check-in. Anda tinggal memilih boarding pass langsung diprint atau dikirim ke alamat email milik Anda.

Fitur lain yang ditawarkan Batik Air adalah check-in melalui aplikasi Batik Air Mobile Apps. Caranya bisa dilihat di bawah ini:

Baca Juga: Kepri Segera Buka Travel Bubble Batam, Bintan dan Singapura dalam Bulan Ini

  1. Anda harus mengunduh terlebih dahulu Batik Air Mobile Apps melalui Google Play Store bagi pengguna smartphone berbasis Android dan Apple Store bagi pengguna telepon pintar berbasis iOS. Setelah selesai mengunduh aplikasi Batik Air Mobile Apps, Anda bisa langsung membuka dan memilih menu online check-in yang terdapat dalam aplikasi tersebut.
  2. Setelahnya, Anda bisa memasukkan kode booking pemesanan (booking reference number/PNR) pada tiket yang Anda beli. Kode booking biasanya terdiri dari enam huruf kapital. Anda juga harus memasukkan nama belakang dari pelanggan yang akan melakukan penerbangan.
  3. Setelahnya, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai barang bawaan yang memenuhi standar dan ketentuan keselamatan penerbangan, menghindari membawa barang-barang yang masuk dalam kategori berbahaya.
  4. Kemudian Anda bisa mengklik "Lanjut/Continue" untuk melanjutkan ke proses Check-In dengan memilih penerbangan dan nama tamu yang sesuai dengan yang tercantum di tiket yang sudah Anda miliki, kemudian memberikan tanda centang pada kolom yang tersedia. Proses check-in melalui aplikasi pun selesai.

Bagi yang melakukan check-in secara mandiri, baik melalui situs resmi Batik Air atau aplikasi Batik Air Mobile Apps, harus mengetahui sejumlah hal penting di bawah ini:

  1. Check-in mandiri, baik melalui aplikasi maupun situs resmi, bisa dilakukan maksimal 12 jam sebelum keberangkatan.
  2. Check-in mandiri juga tidak tersedia untuk jumlah penumpang dalam satu kode booking tiket yang jumlahnya lebih dari 10 orang.
  3. Check-in mandiri juga tidak berlaku bagi penumpang yang membutuhkan penanganan khusus, seperti penumpang yang dalam kondisi hamil, anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang melakukan penerbangan sendirian tanpa pendamping, penumpang yang membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya, dan penumpang yang masuk kategori bayi dengan usia di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk sendiri.
  4. Check-in mandiri juga tidak berlaku bagi penumpang yang melanjutkan penerbangan dengan maskapai yang berbeda.

Selain melalui aplikasi dan situs resmi Batik Air, Anda juga bisa melakukan check-in mandiri melalui aplikasi atau situs resmi Online Travel Agent Traveloka. Caranya bisa dilihat di bawah ini:

  1. Anda bisa masuk ke akun Traveloka yang Anda miliki. Jika belum memilikinya, Anda bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan email yang digunakan saat melakukan pemesanan tiket pesawat.
  2. Setelah masuk ke akun yang Anda miliki, Anda bisa membuka e-tiket dengan masuk ke menu Pesanan atau Check-In Online pada halaman utama. Kemudian Anda bisa membuka e-tiket dan memilih Check-In Online.
  3. Anda akan melihat ketentuan dan kebijakan check-in online dari Batik Air dan formulir elektronik yang harus diisi. Setelah mengisi data check-in, Anda bisa mengklik tombol Check-In.
  4. Apabila proses check-in berhasil, Anda akan bisa melihat boarding pass dari tiket Batik Air Anda, yang dapat dilihat melalui e-tiket. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan boarding pass, yang dikirimkan ke email yang sudah Anda daftarkan di awal.
  5. Baik melalui e-tiket maupun yang sudah dikirim ke email, Anda bisa melihat, mengunduh dan mengirim boarding pass Batik Air yang sudah Anda miliki ke penumpang lain yang termasuk dalam pesanan tiket Anda. 

Perlu diketahui, penting sekali untuk memastikan semua informasi yang Anda masukkan untuk mendapatkan boarding pass dengan benar. Jika terdapat kesalahan dalam pengisian data, kamu harus segera menghubungi Batik Air.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait