alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Duo Legenda Manchester United Jadi Role Model Ismed Sofyan

Rully Fauzi Selasa, 19 Januari 2021 | 20:14 WIB

Duo Legenda Manchester United Jadi Role Model Ismed Sofyan
Fullback kawakan Persija Jakarta, Ismed Sofyan (kanan). (dok. Persija)

Ismed mengagumi teknik kedua mantan pemain ini dalam melakukan crossing.

SuaraJakarta.id - Fullback kawakan Persija Jakarta, Ismed Sofyan mengungkap dua sosok yang dijadikannya role model sebagai seorang pemain sayap. Sosok idola Ismed adalah duo legenda Manchester United (MU), Gary Neville yang mantan fullback serta David Beckham yang merupakan eks winger.

Dua sosok itu tersebut membuat Ismed jadi ingin selalu memanjakan para striker Persija dengan umpan-umpan manis dari flank.

Bisa dibilang, Neville dan Beckham cukup sukses meng-influence Ismed menjadi salah satu bek kanan terbaik di sejarah sepakbola Indonesia.

Bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, saat ditemui di kawasan Sawangan, Depok, Sabtu (28/11/2020). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
Pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

Memang, pemain kelahiran Aceh itu dikenal memiliki akurasi umpan yang cukup yahud untuk memanjakan deretan striker Persija, mulai dari Bambang Pamungkas hingga Marko Simic.

Baca Juga: Duh! Hukuman Larangan Bertanding 12 Laga Hantui Lionel Messi

Ismed menyebut dua idolanya itu sangat baik ketika mengirimkan umpan, terutama crossing-crossing dari sisi sayap.

"Awalnya saya melihat CD (video) Manchester United, tapi memang saya salah satu fansnya MU. Saat itu saya suka lihat rekaman pertandingan mereka melalui CD," ungkap Ismed Sofyan dalam rilis Persija, Selasa (19/1/2021).

"Saya kira gol-gol mereka di era Sir Alex Ferguson itu tercipta 80 persen dari situasi crossing. Dari situ saya terinspirasi dan berkeinginan untuk terus memberikan umpan manja kepada striker-striker yang ada di Persija, seperti yang dilakukan Gary Neville maupun Beckham di MU," celoteh mantan pemain Timnas Indonesia yang kini telah berusia 41 tahun itu.

David Beckham saat memperkuat Manchester United [AFP]
David Beckham saat masih memperkuat Manchester United. [AFP]

Lebih lanjut, pemain yang identik dengan nomor 14 tersebut mengungkap proses bagaimana bisa memiliki umpan silang yang sangat bagus. Tentu, ini buah dari kerja keras yang dilakukannya.

Saat awal-awal bergabung di Persija, sang pemain sering berlatih agar bisa seperti Neville dan Beckham. Hal itu dilakukannya dengan menambah porsi latihan sendiri, ketika Persija masih berlatih di Stadion Menteng.

Baca Juga: Ditanya soal Transfer Persib, Robert Alberts Malas Jawab

"Stadion Menteng adalah tempat terbaik untuk melakukan latihan, itu karena di kelilingi pagar dan tembok. Jadi gampang mengumpulkan bolanya," kisah Ismed.

"Di sana saya terus mengasah. Biasanya latihan tambahan dari 10-15 kali, saya melakukan passing, berlari dan melepaskan umpan," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait